Larang Orang Kumpul, Khofifah Jangan Malah Gelar Konser!

SIAP KONSER: Khofifah bersama Ari Lasso di kantor Badan Penghubung Daerah Pemprov Jatim di Jakarta. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SIAP KONSER: Khofifah bersama Ari Lasso di kantor Badan Penghubung Daerah Pemprov Jatim di Jakarta. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Rencana Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan mantan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menggelar konser di tengah pandemi Covid-19 mendapat kritik dari tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU), Ali Azhara.

“Sebaiknya Bu Khofifah bisa menahan diri di masa pandemi. Jangan melakukan hal-hal yang kontroversial, lebih baik fokus untuk menyelesaikan Corona di Jatim,” kata pria yang akrab disapa Gus Ali tersebut, Kamis (27/8/2020).

Seperti diberitakan, Khofifah dan Gus Ipul berencana menggelar konser di tengah pandemi Covid-19 yang akan dihadiri ribuan penonton dengan menghadirkan artis ibu kota Ari Lasso, Luna Maya serta pedangdut Via Vallen.

Konser bertajuk “Selaras Bersama Normal Baru” tersebut akan dihelat di area wisata Ngopibareng Pintu Langit, Kabupaten Pasuruan, 12 September 2020.

“Ini uji coba pertama di Indonesia dan kebetulan Jatim dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan,” kata Khofifah usai pertemuan dengan Gus Ipul di Gedung Negara Grahadi, Senin (24/8/2020) malam.

Menurut Khofifah, konser itu dipastikan menerapkan protokol kesehatan ketat. Di antaranya membatasi jumlah penonton, pembelian tiket secara online dan penonton wajib bermasker serta menjaga jarak.

Melalui gelaran tersebut, Khofifah berharap industri kreatif dan seni kembali menggeliat, namun dengan sangat kehati-hatian karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Namun bagi Gus Ali yang juga pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuwangi, apa pun alasannya, menggelar konser di tengah pandemi tetap kurang pas. Terlebih Khofifah sedang gencar-gecarnya melawan Corona.

“Masa enggak ada solusi alternatif untuk mengembangkan pariwisata, masa harus melawan kebijakan yang sudah ada. Melawan orang berkumpul, menjaga jarak dan seterusnya, tapi kebijakan itu dilawan sendiri,” ucapnya.

Apalagi pandemi di Jatim belum landai. Hingga Selasa (25/8/2020), tambahan pasien positif masih terjadi sebanyak 363 orang. Membuat kasus kumulatif pasien positif Covid-19 mencapai 30.998. Sedangkan kumulatif pasien sembuh mencapai 24.301 orang.

Bisa Berefek Besar

MATANGKAN KONSER: Khofifah dan Gus Ipul di Grahadi, rencana matangkan konser di tengah pandemi| Foto: IST
MATANGKAN KONSER: Khofifah dan Gus Ipul di Grahadi, rencana matangkan konser di tengah pandemi| Foto: IST

Jika tetap memaksakan menggelar konser di tengah pandemi, Gus Ali khawatir akan membuat efek yang besar bagi Khofifah. “Mengajak orang melawan Corona, menjauhi kerumunan, malah membuat acara kerumunan, apapun alasannya ini masih situasi pandemi,” katanya.

Karena itu, pria yang juga Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jatim tersebut meminta Khofifah membatalkan rencana tersebut.

“Lebih baik dibatalkan, atau diundur sampai pandemi ini selesai. Jangan sampai malah memunculkan klaster baru, nanti yang kena kritik masyarakat ya gubernurnya, bukan pihak lain,” ujarnya.

“Sebaiknya mencari alternatif lain kalau memang itu untuk mengembangkan pariwisata. Kalau toh belum punya alternatif, ya ndak usah ngoyo nemen-nemen, lah wong memang situasinya pandemi. Barang yang dipaksakan itu juga enggak bagus,” sambungnya.

Bagaimana dengan jaminan protokol kesehatan? “Garansinya apa? Wong ini melanggar aturan. Ibaratnya melarang orang memacu mobil di kecepatan 100 Km/jam, tapi dengan memakai mobil mewah yang aman dia melakukan itu. Kan tetap melanggar namanya,” ujarnya.

Sebelumnya, terkait rencana menggelar konser ini, Ari Lasso dan timnya sudah menemui Khofifah di Kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Jatim di Jakarta, Sabtu (22/8/2020).

“Nanti saya akan menggelar konser, selaras dengan normal baru. Mohon dukungan teman-teman Jatim, semoga konser ini berjalan lancar. Juga protokolnya tetap kita jaga bersama-sama,” kata Ari Lasso.

LEMPAR KRITIK: Ali Azhara (kanan), minta Khofifah batalkan rencana gelar konser di tengah pandemi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
LEMPAR KRITIK: Ali Azhara (kanan), minta Khofifah batalkan rencana gelar konser di tengah pandemi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Wabah Corona