Forkas Jatim Harap New Normal Gerakkan Sektor Industri

NEW NORMAL: Nur Cahyudi, Forkas berharap new normal gerakkan seluruh sektor di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
NEW NORMAL: Nur Cahyudi, Forkas berharap new normal gerakkan seluruh sektor di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Situasi pandemi Corona (Covid-19) membuat seluruh sektor industri di Jatim mengalami penurunan kapasitas, bahkan ada yang terjun bebas hingga 90 persen.

“Sekarang ini kita masih dalam situasi yang kurang baik ya. Semua sektor mengalami penurunan kapasitas, dibandingkan situasi normal,” terang Ketua Umum Forum Komunikasi Asosiasi (Forkas) Jatim, Forkas Jatim, Nur Cahyudi usai menyerahkan bantuan ke Pemprov Jatim, Minggu (23/8/2020).

Bantuan yang diserahkan terdiri dari 40.790 masker medis dan non medis, 120 pasang sepatu APD (Alat Pelindung Diri), 50 ribu kapsul vitamin C, dan 100 face shield yang diterima langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Industri yang mengalami penurunan kapasitas selama Covid-19, lanjut Cahyudi, di antaranya furniture hingga 60 persen. Bahkan industri sepatu terjun jauh hingga 90 persen.

“Industri perhiasan juga sama, kemarin Maret sampai Juni, industri perhiasan ini tutup dan baru kembali melakukan produksi,” katanya.

Saat ini, kata Cahyudi, banyak orang ke toko emas bukan membeli tapi menjual emas. Artinya, daya beli masyarakat sekarang sudah mulai menurun.

“Mudah-mudahan dengan new normal ini, paling tidak bisa menggerakkan semua sektor industri di Jatim,” ucap Cahyudi.

Bagaimana dengan ancaman resesi dunia? Menurut Cahyudi, pelaku usaha dituntut untuk efisiensi hingga diversifikasi produk.

“Kualitas produk juga harus diperhatikan, di samping menyesuaikan dengan daya beli masyarakat,” katanya.

Sementara terkait bantuan Forkas ke Pemprov Jatim, menurut Cahyudi, penanggulangan Covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga butuh keterlibatan sektor swasta supaya bisa membantu kekurangan pemerintah.

“Walaupun dalam situasi sekarang ini para pengusaha juga dalam posisi yang sukar, tapi kita punya partisipasi untuk membantu,” tuntasnya.

BANTUAN APD: Forkas Jatim serahkan bantuan peralatan medis ke Pemprov Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BANTUAN APD: Forkas Jatim serahkan bantuan peralatan medis ke Pemprov Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Wabah Corona