KLB Surabaya: Gianto Wijaya Sah Ketua Umum Bara JP!

KETUM BARU: Gianto Wijaya menerima bendera pataka Bara JP usai ditetapkan sebagai ketua umum. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KETUM BARU: Gianto Wijaya menerima bendera pataka Bara JP usai ditetapkan sebagai ketua umum. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kongres Luar Biasa (KLB) Barisan Relawan Jokowi Presiden/Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP) di Hotel Wyndham Surabaya, 25-26 September 2021), melahirkan ketua umum baru.

Secara aklamasi, Gianto Wijaya yang sebelumnya menakhodai ketua DPD Bara JP Jawa Timur terpilih sebagai ketua umum, Minggu (26/9/2021) dini hari.

KLB yang didahului dengan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) tersebut digelar pasca ketua umum sebelumnya, Viktor S Sirait meninggal dunia dan Sekretaris Umum Yayong Waryono mengundurkan diri.

Sebenarnya, Gianto tak maju untuk mencalonkan diri. Namun 13 DPD, 1 Badan Perwakilan Luar Negeri (BPLN), dan organisasi sayap, satu suara mencalonkan pria yang berlatar belakang pengusaha tersebut.

“Saya sebenarnya tidak mencalonkan diri menjadi ketua umum Bara JP. Di sini, Jawa TImur, ingin mewadahi teman-teman DPD lain untuk duduk bersama-sama, saling menyampaikan aspirasi, berbagi cerita, berbagi informasi,” kata Gianto.

“Dari awal saya menyatakan tidak ada rencana mencalonkan diri menjadi ketua umum Bara JP. Jadi silakan teman-teman menetapkan di sidang ini apa yang dilakukan. Tapi saya jelas bersikap tidak mencalonkan diri, saya hanya ingin organisasi ini utuh dan makin besar ke depannya,” sambungnya.

Namun pernyataan Gianto tak digubris para pemilik suara yang hadir. Mereka tetap bersikeras memintanya bersedia menjadi ketua umum. “Karena kita sudah menetapkan, saya pikir ini tidak bisa dicabut lagi,” kata salah seorang ketua DPD Bara JP.

Lantaran tidak ada calon lain yang maju, maka melalui persidangan yang berjalan sesuai AD/ART dan tata tertib (tatib) pemilihan ketua umum, akhirnya Gianto dipilih secara aklamasi.

“Maka dengan ini majelis ketua menyatakan bahwa Gianto Wijaya sah terpilih secara aklamasi,” kata pimpinan sidang, Theo Cosner dan langsung disambut gemuruh peserta KLB dengan pekik “Bara JP..!! Gianto Wijaya..!!” yang disambut koor “Membara..!!”

Setelah terpilih secara aklamasi, selanjutnya majelis ketua menetapkan Gianto Wijaya sebagai ketua umum DPP Bara JP hingga 2024. “Ditetapkan di Surabaya pada hari Minggu, 26 September 2021, pukul 00.15 WIB,” kata Theo membacakan SK penetapan.

Tak Ingin Bara JP Terpecah 

TAK INGIN TERPECAH: Ketum Bara JP hasil KLB Surabaya, Gianto Wijaya tak ingin Bara JP terpecah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TAK INGIN TERPECAH: Ketum DPP Bara JP hasil KLB Surabaya, Gianto Wijaya tak ingin Bara JP terpecah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu dalam pidatonya usai ditetapkan sebagai ketua umum, Gianto menyampaikan akan secepatnya melakukan konsolidasi, mengatur kepengurusan, dan merangkul semua pengurus yang belum sepaham dengan KLB di Surabaya.

“Saya tidak ingin Bara JP ini terpecah belah. Saya ingin membesarkan Bara JP ke depannya agar jauh lebih baik lagi. Visi misi saya ke depan adalah sama-sama kita membangun Indonesia yang terbaik untuk kita semua,” katanya.

KLB Bara JP di Surabaya ini menjadi sorotan dan ramai, karena dinilai tidak sejalan dengan kubu Plt Ketua Umum, Utje Gustaaf Patty. Namun 13 DPD, 1 BPLN, dan organisasi sayap punya argumen lain bahwa KLB di Surabaya sah sesuai AD/ART.

Seperti diketahui, Bara JP adalah pelopor relawan yang mendorong pencapresan Jokowi di 2014 dan berlanjut saat pencapresan di 2019. Namun sejak Ketum Viktor Sirait meninggal dunia pada 18 Februari 2021, disusul pengunduran diri Sekum Yayong Waryono, Bara JP seolah mati suri hingga muncul KLB di Surabaya.

AKLAMASI: Para ketua DPD meminta Gianto Wijaya menjadi ketua umum Bara JP. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
AKLAMASI: Para ketua DPD meminta Gianto Wijaya menjadi ketua umum DPP Bara JP. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Bara JP