Indra Sudrajat: KLB Bara JP di Surabaya Sah Sesuai AD/ART

KLB BARA JP: Indra Sudrajat, hanya KLB Bara JP di Surabaya yang sah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KLB BARA JP: Indra Sudrajat, hanya KLB Bara JP di Surabaya yang sah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dalam hitungan jam, Bara JP (Barisan Relawan Jokowi Presiden/Barisan Relawan Jalan Perubahan) akan memiliki ketua umum baru pasca Viktor S Sirait meninggal dunia, 18 Februari 2021 silam.

Ini setelah para pemilik suara yang didukung DPP Bara JP, telah menyelesaikan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) menuju Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (25/9/2021).

Hasil Rapimnas menunjuk Wakil Ketua Umum (Waketum) I DPP Bara JP, Indra Sudrajat sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua umum dan Joseph Siteubun sebagai Plt sekretaris umum.

Keduanya dipilih para 15 DPD, sejumlah Badan Perwakilan Luar Negeri (BPLN), dan organisasi sayap yang merupakan pemegang suara sah atau voter Bara JP untuk menggelar KLB.

“Secara aklamasi, semua sepakat menunjuk kami sebagai pelaksana tugas ketua umum dan sekretaris umum untuk menggelar KLB,” jelas Indra.

Hasil Rapimnas tersebut akan mengantar Bara JP menuju KLB, setelah kevakuman kursi pimpinan pasca Ketua Umum Viktor S Sirait meninggal dan Sekretaris Umum Yayong Waryono mengundurkan diri.

Ada tiga poin hasil Rapimnas. Pertama, memutuskan Indra Sudrajat selaku wakil ketua umum I sebagai Plt ketua umum dan menunjuk Yoseph Siteubun sebagai Plt sekretaris ketua umum.

Kedua, menentukan pelaksanaan KLB untuk segera memilih ketua umum, sekretaris umum dan pengurus serta membentuk kepanitiaan KLB.

Indra juga menegaskan jika dua kegiatan besar ini, Rapimnas dan KLB, merupakan forum yang sah sesuai AD/ART Bara JP.

“Dua agenda besar ini adalah agenda yang sah dan legal. Sebagai penegasan, sehingga tidak ada klaim dari pihak tertentu seolah Rapimnas dan KLB di Surabaya adalah KLB dan Rapimnas yang tidak sesuai AD/ART,” jelasnya.

Bara JP ‘Terbelah’

DUKUNG KLB SURABAYA: Pengurus DPP Bara JP mendukung Rapimnas dan KLB Bara JP di Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
DUKUNG KLB SURABAYA: Pengurus DPP Bara JP mendukung Rapimnas dan KLB Bara JP di Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

KLB Bara JP di Surabaya ini menjadi sorotan dan ramai, karena dinilai tidak sejalan dengan kubu Plt Ketum, Utje Gustaaf Patty yang justru tengah menyiapkan Rapimas di tempat lain.

“Hari ini DPP Bara JP menggelar rapat untuk persiapan Rapimnas, yang akan dihadiri oleh 34 DPD pemegang SK yang diperpanjang oleh DPP dan tujuh perwakilan BPLN pemegang SK,” tutur Waketum Bara JP, Willem Frans Ansanay dalam siaran persnya yang dikutip El Jabar, Jumat (24/9/2021).

Soal KLB di Surabaya, Willem menyebut pesertanya tidak memiliki SK sebagai pengurus DPD sebagaimana yang diperpanjang DPP. Selain itu, DPP juga tidak menerbitkan surat keputusan untuk KLB di Surabaya.

“Silakan dicek, apakah ada SK untuk kegiatan nasional Bara JP di Jatim? Karena itu DPP tidak mengakui kegiatan tersebut yang dianggap kegiatan liar. Kegiatan liar oleh oknum yang mengatasnamakan DPD Bara JP,” ucap Willem.

“Karena itu kami menganggap KLB Jatim itu ilegal. Mereka tidak memiliki SK untuk digelarnya KLB dan mereka juga tidak memiliki SK sebagai ketua-ketua DPD, yang secara AD/ART pemilik suara sah di dalam berbagai kegiatan resmi organisasi Bara JP, seperti misalnya KLB,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait Bara JP