Kantongi Rekom PAN, Machfud Arifin Butuh 7 Kursi Lagi!

REKOMENDASI PAN: Machfud Arifin terima rekomendasi PAN untuk maju di Pilwali Surabaya 2020. | Foto: IST
REKOMENDASI PAN: Machfud Arifin terima rekomendasi PAN untuk maju di Pilwali Surabaya 2020. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Koalisi besar Parpol untuk mengusung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020 mulai terbuka. Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi Parpol pertama yang memberikan rekomendasinya untuk mantan Kapolda Jatim tersebut.

Kepastian rekomendasi disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Wilayah (DPD) PAN Jatim, Amar Syaifuddin. Rekomendasi bahkan sudah diserahkan kepada Machfud.

“Sudah. Tadi malam kami serahkan rekomendasinya. Pak Masfuk (ketua DPW PAN Jatim) yang menyerahkan,” terang Amar di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Kamis (16/1/2020).

Keputusan PAN memberikan rekomendasi ke Machfud, menurut Amar, karena kader partainya belum ada yang siap untuk dicalonkan di Pilwali Surabaya 2020.

“Kami sudah melakukan rapat internal di PAN Surabaya. Karena belum ada kader yang siap kita harumkan di Pilwali Surabaya, Pak Machfud Arifin ini menjadi pilihan,” katanya.

Salah satu pertimbangan PAN memilih Machfud, menurut Amar, lantaran ketokohannya yang sudah teruji saat menjabat Kapolda Jatim. “Ketokohan beliau sudah sangat bagus,” katanya.

Tak hanya itu, Machfud juga dianggap memiliki gagasan besar untuk mempercepat pembangunan di Surabaya. Salah satunya dengan memperbanyak event di Kota Pahlawan.

Selama ini, karir Machfud memang dirajut di kepolisian. Dia pernah menjabat Kapolda Maluku Utara, Kapolda Sulawesi Selatan, dan Kapolda Jatim hingga pensiun pada 2018.

Usai pensiun, debut politik Machfud dimulai dengan menjadi ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Lantas, bagaimana dengan bakal calon wakil, apakah PAN menyodorkan kadernya untuk mendampingi Machfud?

“PAN menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Machfud akan memilih siapa, karena wakil adalah partner dalam bekerja. Maka PAN menyerahkan sepenuhnya untuk Pak Machfud memilih yang terbaik,” jelas Amar.

Dengan keluarnya rekomendasi PAN yang memiliki tiga kursi di DPRD Surabaya, Machfud masih membutuhkan tujuh kursi lagi untuk memenuhi 10 kursi (20 persen), sebagai syarat minimal maju di Pilwali Surabaya dari jalur Parpol.

Namun merujuk sinyal terang yang dilontarkan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Soepriyatno, tujuh kursi lagi bukanlah hal yang sulit karena minimal enam Parpol siap mengusung Machfud.

Insyaallah hampir semua partai, teman-teman sudah komunikasi dengan baik dan insyaallah akan memberi dukungan kepada Pak Mahfud,” kata Soepriyatno usai menghadiri Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) DPC Partai Gerindra Surabaya, Sabtu (11/1/2020).

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya