Gobel: Nasdem Tak Pernah Lupakan Jasa Syaikhona Kholil

IKHTIAR BERSAMA: (Dari kiri) Rachmat Gobel, KH Asep Saifuddin Chalim, KH Miftachul Akhyar. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
IKHTIAR BERSAMA: (Dari kiri) Rachmat Gobel, KH Asep Saifuddin Chalim, KH Miftachul Akhyar. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wakil Ketua DPR RI dari Partai Nasdem, Rachmat Gobel menuturkan mengapa partainya begitu getol memperjuangkan Syaikhona Kholil agar mendapat gelar pahlawan nasional.

Ini semua tak lepas dari nasihat ketua umumnya, Surya Paloh yang meminta para kader tidak pernah melupakan jasa mereka yang telah berjuang untuk bangsa, negara, dan agama, termasuk Syaikhona Muhammad Kholil.

“Karena itu, Fraksi Nasdem bertekad mengambil bagian dalam mendorong pemberian gelar pahlawan nasional bagi Syaikhona Muhammad Kholil,” katanya dalam seminar nasional Syaikhona Kholil Guru Pahlawan Nasional yang digelar Fraksi Partai Nasdem MPR RI di Hotel Mercure Grand Mirama, Sabtu (20/3/2021).

Langkah awal yang dilakukan Nasdem, lanjut Gobel, dimulai pada 15 Februari 2019 dengan membentuk tim internal untuk melakukan riset, mengumpulkan data, hingga mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak.

“Pengusulan gelar pahlawan nasional bagi Syaikhona Kholil tidak lepas dari sejarah perjuangannya sebelum kemerdekaan,” katanya.

Kiprah Syaikhona Kholil dalam membangun bangsa ini, papar Gobel, diawali dari melakukan syiar agama. Membangun sarana ibadah dan pesantren sebagai pusat keagamaan, serta melakukan internalisasi nilai-nilai kebangsaan dan perjuangan.

“Melahirkan santri dan ulama yang kelak melakukan perlawanan terhadap penjajah, serta Syaikhona Kholil merupakan tokoh sentral dalam organisasi pembentukan dan pendirian Nahdlatul Ulama,” katanya.

Maka, seminar kali ini merupakan salah satu dari keseluruhan upaya tahapan yang dilakukan Nasdem guna mendorong penetapan pahlawan nasional bagi Syaikhona Kholil.

“Oleh karena itu, Partai Nasdem mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyatukan ikhtiar,” ucapnya.

Selain Gobel, seminar juga dihadari berbagai tokoh dan ulama. Di antaranya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Miftachul Ahkyar; Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar; Pengasuh Ponpes Amantul Ummah, KH Asep Saifuddin Chalim, serta para anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Nasdem.

Sejumlah kepala daerah juga turut hadir, di antaranya Bupati Bangkalan yang merupakan dzuriyah Syaikhona Kholil, KHR Abdul Latif Amin Imron serta Bupati Sidoarjo, Gus Ahmad Muhdlor.

CINTA TANAH AIR: Manuskrip hubbul wathon minal iman yang tertulis pada 1891. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
CINTA TANAH AIR: Manuskrip hubbul wathon minal iman yang tertulis pada 1891. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Pahlawan Nasional