MUI: Segera Sematkan Pahlawan Nasional untuk Syaikhona Kholil

PAHLAWAN NASIONAL: KH Miftachul Akhyar dalam seminar Syaikhona Kholil yang digelar Fraksi Partai Nasdem MPR RI. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SEMINAR: KH Miftachul Akhyar dalam seminar Syaikhona Kholil yang digelar Fraksi Partai Nasdem MPR RI. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dukungan agar Syaikhona Muhammad Kholil ditetapkan sebagai pahlawan nasional terus mengalir. Termasuk dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Miftachul Akhyar.

Dukungan tersebut disampaikan Kiai Miftakh dalam seminar nasional bertajuk Syaikhona Kholil Guru Pahlawan Nasional yang digelar Fraksi Partai Nasdem MPR RI di Hotel Mercure Grand Mirama, Sabtu (20/3/2021).

“Kita ini adalah butiran debu yang bertebaran di mana-mana, maka dengan sebuah seminar nasional mengusulkan Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional adalah sebagai upaya terpuji,” kata Kiai Miftakh.

“Agar butiran debu yang bertebaran ini bisa menempel pada kaki Syaikhona Kholil, maka kami membawa gerbong besar, dua gerbong. Baik PBNU maupun MUI sangat mendukung untuk segera pahlawan nasional disematkan pada beliau,” tandasnya.

Kiai Miftakh juga mengapresiasi Nasdem yang menggelar seminar secara besar-besaran. Ini sekaligus menjadi inspirasi bagi partai lainnya, sehingga dukungan Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional lahir dari semua elemen masyarakat.

Seminar ini juga agar didengar pemangku jabatan yang tak sekadar menyematkan gelar untuk Syaikhona Kholil, tapi memang didahului dengan kajian akademik. Bahkan, bila perlu, seminar digelar lebih besar lagi.

“Biar paham, bukan sekadar memberikan gelar tapi juga menyelenggarakan seminar-seminar semacam ini. Oleh karena itu, kami ikut gembira, ikut senang,” katanya.

“Maka kemarin kami dibisiki dzuriyah agar hadir walaupun dalam keterbatasan waktu. Semoga seminar ini memberi inspirasi besar pada semuanya, anak bangsa di nusantara ini,” tuntas mantan rais syuriyah PWNU Jatim tersebut.

» Baca Berita Terkait Pahlawan Nasional