Fattah Jasin Didemo, PKB: Biasa Jelang Pilbup, Dibikin Hangat!

PKB DI PILBUP SUMENEP: Fauzan Fu'adi, aksi demo terkait Fattah Jasin biasa jelang Pilbup. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PKB DI PILBUP SUMENEP: Fauzan Fu’adi, aksi demo terkait Fattah Jasin biasa jelang Pilbup. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak risau dengan aksi demonstrasi yang menyasar Fattah Yasin, calon bupati yang bakal diusungnya di Pilbup Sumenep 2020.

Menurut Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fu’adi, dalam suasana mendekati Pilkada — termasuk Pilbup Sumenep — hal seperti itu bisa terjadi. Justru yang patut dipertanyakan adalah siapa di belakang aksi tersebut.

“Demonya di mana itu, siapa di belakang penggerak demonya?” kata Fauzan saat ditemui di ruang Fraksi PKB Gedung DPRD Jatim, Kamis (16/7/2020).

Terkait dugaan keterlibatan Fattah dalam kasus korupsi di Tulungagung pada 2018 seperti yang disuarakan pendemo, menurut Fauzan hal itu sudah clear. “Beliau juga menyatakan kepada kami celar, enggak ada masalah,” katanya.

“Kalau kemudian didemo kan ya.. ini namanya politik. Sudah mendekati hari H, suasana ya dibikin hangat-hangatlah,” sambung politikus yang juga ketua Fraksi PKB DPRD Jatim tersebut sambil tersenyum tipis.

PKB sendiri, tandas Fauzan, tetap mengdepankan asas hukum praduga tak bersalah dan seterusnya. Terlebih saat itu Fattah sebatas diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi.

“Dan kita tidak mau berandai-andai ke depan seperti apa. Tentu karena sudah menjadi keputusan partai, ya kita harus amankan keputusan partai,” ucapnya.

“Kita minta teman-teman DPC untuk segera konsolidasi, rekomendasi insyaallah tidak berubah, merapatkan barisan, struktur disiplinkan, dan memastikan kemenangan Pak Fattah,” sambungnya.

Seperti diketahui, rekomendasi PKB di Pilbup Sumenep sudah diterbitkan untuk pasangan Fatta Jasin-Mohammad Ali Fikri. Rekomendasi No 2933/DPP/01/VI/2020 tertanggal 29 Juni 2020 tersebut ditandatangani Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar dan Sekjen M Hasanuddin Wahid.

Apakah PKB masih membutuhkan koalisi di Pilbup Sumenep? Menurut Fauzan, meski memiliki 10 kursi di DPRD Sumenep alias bisa mengusung pasangan calon sendiri, PKB tetap terbuka membangun koalisi dengan Parpol lain. Termasuk Partai Demokrat (7 kursi) yang juga sudah menurunkan rekomnya untuk Fattah.

“Butuhlah (koalisi), (PKB) terbuka, kan harus diusung bareng-bareng. Lalu memastikan setelah terpilih visi-misi bisa diaplikasikan lebih leluasa, termasuk dukungan politiknya di parlemen dan seterusnya itu,” ujarnya.

PILBUP SUMENEP: Rekomendasi PKB di Pilbup Sumenep untuk pasangan Fattah Jasin- Ali Fikri. | Foto: IST
PILBUP SUMENEP: Rekomendasi DPP PKB di Pilbup Sumenep 2020 untuk pasangan Fattah Jasin-Ali Fikri. | Foto: IST

» Baca Berita Terkait PKB, Fattah Jasin