Dr Joni: Sinovac Lumayan Bagus, Semoga Tak Ada Masalah!

VAKSINASI COVID-19: Joni Wahyuhadi (kiri), vaksin Sinovac lebih aman dari jenis vaksin lainnya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
VAKSINASI COVID-19: Joni Wahyuhadi (kiri), vaksin Sinovac lebih aman dari jenis vaksin lainnya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kamis besok (14/1/2021) vaksinasi Covid-19 untuk wilayah Jatim dimulai. Dari rencana semula di RSUD dr Soetomo berpindah ke Gedung Negara Grahadi.

Ketua Satgas Kuratif Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi memastikan vaksin merek Sinovac dari China tersebut lumayan bagus dibanding jenis vaksin lainnya.

“Angka efektifitasnya adalah 65,3 persen. Itu lumayan bagus, WHO (World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia) memberikan syarat 50 persen,” katanya saat konferensi pers di Grahadi, Rabu (13/1/2021) sore.

Kemudian imunogenisitas-nya, lanjut Joni, mencapai 99 persen. “Jadi setelah tiga bulan imunogenisitas-nya, sehingga vaksin ini dikenali oleh tubuh, tubuh memproduksi antibodi itu 99 persen.”

Selain itu, Sinovac juga jenis vaksin yang virusnya dimatikan, sehingga lebih aman dari jenis vaksin lainnya. Apalagi jenis Sinovac sudah biasa dikerjakan di Indonesia.

“Hanya untuk Covid-19 ini memang yang pertama. Tapi jenis yang seperti ini sudah biasa dikerjakan di Indonesia, moga-moga aja tidak ada masalah,” katanya.

Terkait teknis pelaksanaan vaksinasi, Joni menuturkan ada empat meja yang disiapkan. Meja pertama untuk pendaftaran, meja kedua pengecekan, meja ketiga proses vaksin, dan meja keempat konservasi pasca suntik vaksin.

“Segala proteksi terhadap kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) sudah kita antisipasi, di belakang itu ada mini ICU,” kata Joni.

Tak hanya itu, disediakan pula unit ambulans yang direct ke RSUD dr Soetomo apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Walaupun angka kejadian itu kecil, tapi keamanan itu perlu kita waspadai,” tandas dokter yang juga Dirut RSUD dr Soetomo tersebut.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona