Arumi Didorong Maju di Sidoarjo, Pengamat: Biarkan Belajar Dulu!

BIARKAN BELAJAR: Arumi Bachsin, jangan dipaksakan agar maju di Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BIARKAN BELAJAR: Arumi Bachsin, jangan dipaksakan agar maju di Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Forum Muda Demokrasi (Fomdem) Jatim, merekomendasikan sejumlah figur perempuan yang dinilai layak maju di Pilbup Sidoarjo 2020. Salah satunya Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin.

Namun dalam perspektif Pengamat Politik asal Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo, istri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak itu belum punya pengalaman memadai alias masih perlu banyak belajar.

“Ya janganlah! Pertama, dia tidak punya pengalaman dalam organisasi sosial maupun politik yang cukup memadai,” kata Suko pada Barometerjatim.com, Jumat (8/11/2019).

“Kedua, tugasnya sebagai ketua PKK Jatim cukup menyita waktu. Sehingga kalau Mbak Arumi maju kok terlalu dipaksakan, dan saya meyakini Pak Emil pasti tidak mengizinkan,” tandasnya.

Bukankah nama Arumi cukup populer, terlebih sekarang menjabat ketua TP PKK Jatim dan juga istri Wagub?

“Kalau dari segi aspek popularitas, ya. Tapi popularitas itu kan enggak selalu bersignifikan dengan elektabilitas, dan untuk proses panjang butuh macam-macam. Nanti malah merepotkan Mas Emil,” ujarnya.

“Jadi menurut saya, Mbak Arumi belum cukup memiliki pengalaman. Malah eman, sayang banget. Jadi biarkan dia belajar. Sebaiknya, akan lebih elok jika Mbak Arumi belajar dulu,” sambungnya.

Seperti diberitakan, Fordem Jatim merekomendasikan sejumlah fogur perempuan dari sejumlah latar belakang untuk maju di Pilbup Sidoarjo 2020.

“Sidoarjo Butuh figur perempuan, bisa sebagai calon bupati atau wakil bupati,” tutur Direktur Eksekutif Fomdem Jatim, Rusman Hadi, Rabu (6/11/2019).

Selain Arumi, ada nama Azza Irene Mufia (politikus PAN Jatim), Mimik Idayana (anggota DPRD Sidoarjo dari Partai Gerindra), dan Nurhendriyati Ningsih (anggota DPRD Sidoarjo dari Nasdem).

Lalu Anik Maslachah (wakil ketua DPRD Jatim dari PKB); Juana Sari (ketua DPC Partai Demokrat), Vike Widya Asrori (anggota DPRD Sidoarjo dari PKS), serta Kasipah (anggota DPRD Sidoarjo dari PDIP).

» Baca Berita Terkait Pilbup Sidoarjo