Senin, 24 Januari 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Waspada! Eri Cahyadi Sebut 2 Warga Surabaya Terjangkit Omicron

Berita Terkait

OMICRON: Eri Cahyadi, sebut dua warga Surabaya terjangkit Omicron usia liburan dari Bali. | Foto: Barometerjatim/IST
OMICRON: Eri Cahyadi, sebut dua warga Surabaya terjangkit Omicron usia liburan dari Bali. | Foto: Barometerjatim/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak hanya satu, tapi ada dua orang warga Kota Surabaya yang terjangkit Covid-19 varian Omicron (SARS-CoV-2 B.1.1.529) usai liburan ke Bali.

Hal itu diungkap Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. “Ada yang kena satu, kemudian kita lakukan tracing ada keluarganya lagi yang kena. Dua-duanya sekarang ada di rumah sakit,” katanya, Minggu (2/1/2022).

Meski dibawa ke rumah sakit, lanjut Eri, kedua pasien tersebut dalam kondisi tanpa gejala apapun. “Sudah di rumah sakit. Keduanya OTG (Orang Tanpa Gejala), yang kena bukan suami-istri,” tandasnya.

Dari hasil penelusuran, lanjut Eri, kedua warga terpapar Omicron tersebut sempat berlibur ke Bali. Saat ini sudah melakukan blocking dan swab massal di lingkungan tersebut.

“Keluarga besar ke Bali. Kita lakukan proses blocking area, swab massal hingga terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan pada masyarakat,” ucap Eri.

Diketahui, terdeteksinya Omicron di Surabaya bermula dari sampel dengan CT Value rendah yang dikirim ke Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair).

Menurut Kepala ITD Unair, Prof Maria Inge Lusida, pada 28 Desember 2021 pihaknya melakukan screening dan menaruh curiga. “Tadi malam (Sabtu/1/1/2022) kepastiannya (terinfeksi Omicron),” beber Prof Maria.

Sekadar tahu, Varian Omicron merupakan hasil mutasi Covid-19 dan saat ini tengah menjadi perhatian serius Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Varian ini kali pertama dilaporkan di Afrika Selatan (Afsel) pada 24 November 2021, dan kini WHO sudah mengklasifikasi Omicron sebagai Varian of Concern (VoC) yang merupakan varian yang harus diwaspadai.

» Baca berita terkait Omicron. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -