Sabtu, 02 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Muktamar NU

Tak Terbendung! Gus Yahya Ketum PBNU Gantikan Kiai Said

Berita Terkait

KETUM BARU PBNU: Gus Yahya terpilih sebagai ketua umum PBNU, menggantikan KH Said Aqil Siroj. | Foto: IST
KETUM BARU PBNU: Gus Yahya terpilih sebagai Ketum PBNU, menggantikan KH Said Aqil Siroj yang sudah dua periode memimpin. | Foto: IST
- Advertisement -

LAMPUNG, Barometerjatim.com – Gelombang desakan regenerasi di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berujung kemenangan. KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya yang merepresentasikan figur regenerasi, akhirnya terpilih menjadi ketua umum PBNU periode 2021-2026 menggantikan KH Said Aqil Siroj yang sudah dua periode memimpin.

Dalam pemilihan Ketum PBNU lewat arena Muktamar ke-34 NU di Lampung, Jumat (24/12/2021), Gus Yahya tak terbendung setelah dipilih 337 muktamirin pemilik suara atau mengungguli Kiai Said yang memperoleh 210 suara.

“Dari 548 suara yang masuk untuk Kiai Said 210, untuk Gus Yahya 337 dan satu suara batal. Jadi suara terbanyak Gus Yahya,” ujar pimpinan sidang pleno pemilihan Ketum PBNU yang ditayangkan secara daring.

Gus Yahya dan Kiai Said maju sebagai calon setelah memenuhi syarat minimal dukungan 99 suara dari pemilik suara, mengalahkan dua bakal calon lain yang muncul yakni KH As’ad Said Ali dan KH Marzuki Mustamar.

Dalam pemilihan bakal calon, Gus Yahya mengantongi 327 suara dan Kiai Said memperoleh 203 suara. Sedangkan Kiai As’ad Ali mendapat 17 suara, Kiai Marzuki 2 suara, Ramadhan Boayo 1 suara, 1 suara abstain, dan 1 suara dianggap batal.

Usai terpilih, Gus Yahya menyampaikan pidato perdananya sebagai Ketum PBNU dengan mengucapkan terima kasih kepada Kiai Said yang telah berbuat banyak untuk dirinya.

“Saya haturkan terima kasih saya kepada guru saya, yang mendidik saya, menggembleng dan menguji saya tetapi juga membuka jalan untuk saya dan membesarkan saya, yaitu Prof Dr KH Said Aqil Siroj,” katanya.

Gus Yahya tidak tahu, apakah cukup umur untuk membalas semua jasa-jasa Kia Said. “Kalau ini disebut keberhasilan, sesungguhnya ini adalah (keberhasilan) beliau. Kalau ada yang patut dipuji, beliau yang harus dipuji,” katanya.

Selebihnya, Gus Yahya berterima kasih kepada seluruh unsur yang menggelar Muktamar ke-34 NU ini berjalan dari awal hingga selesai, termasuk muktamirin dari pengurus wilayah dan cabang di seluruh Indonesia.

MENANG MANTAP: Gus Yahya ungguli KH Said Aqil Siroj dalam pemilihan ketua umum PBNU 2021-2016. | Foto: IST
MENANG MANTAP: Gus Yahya menang atas KH Said Aqil Siroj dalam pemilihan ketua umum PBNU 2021-2016 di Muktamar ke-34 NU. | Foto: IST

» Baca Berita Terkait Muktamar NU

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -