Survei SSC: Heru Tak Masuk Bursa, Elektabilitas Nol Koma!

TAK DILIRIK MILENIAL: Heru Tjahjono, tak dilirik milenial untuk maju di Pilgub Jatim 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TAK DILIRIK MILENIAL: Heru Tjahjono, tak dilirik milenial untuk maju di Pilgub Jatim 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Heru Tjahjono disebut-sebut berpeluang running di Pilgub Jatim 2024. Namun dari hasil survei terbaru Surabaya Survey Center (SSC), Plh Sekdaprov Jatim itu ternyata tak dilirik kalangan milenial.

Catat baik-baik temuan SSC. Dalam top of mind gubernur Jatim pilihan milenial, dari 14 nama teratas tak ada nama Heru. Kategori ini dipuncaki Khofifah Indar Parawansa (16,2 persen), disusul Tri Rismaharini (15,5), Emil Dardak (5,2), Saifullah Yusuf (4,5), dan Puti Guntur (1,2).

Pun soal elektabilitas, nama Haru sama sekali tak nongol di 14 besar. Di kategori ini, Khofifah masih teratas (26,8 persen), disusul Tri Rismaharini (21,8), Emil Dardak (5,8 persen), Saifullah Yusuf (4,4), dan Puti Guntur (1,8).

Bagaimana dengan top of mind wakil gubernur Jatim pilihan milenial? Sama saja, nama Heru tetap tak muncul. Di kategori ini Emil Dardak belum tertandingi (12,7 persen), disusul Puti Guntur (5,9), Thoriqul Haq (2), Abdullah Azwar Anas dan Kusnadi (masing-masing 1,2).

Begitu pula di kategori elektabilitas. Emil Dardak masih tertinggi (18,4 persen), disusul Puti Guntur (6,8), Djarot Saiful Hidayat (4,2), Abdullah Azwar Anas (2,4), dan Kusnadi (1,8).

Mengapa tak ada nama Heru, baik di bursa Cagub maupun Cawagub? Direktur Riset SSC, Edy Marzuki menerangkan, sebagai peneliti pihaknya selalu bekerja independen dengan mengambil data seobjektif mungkin.

Top of mind itu pertanyaan spontanitas, kami tak menyebutkan nama. Sedangkan di elektabilitas, nama-nama sudah kami masukkan, termasuk seluruh ketua partai dan bupati/wali kota di Jatim yang mulai populer,” katanya dalam rilis survei di Narita Hotel, Senin (12/4/2021).

“Kalau tidak ada nama Pak Heru, bukan berarti tidak kita masukkan, tapi hanya satu dua orang saja (yang memilih). Sehingga nilainya itu masih nol koma sekian persen, ada di lainnya (di luar 14 nama teratas),” sambung dosen Universitas Yudharta Pasuruan itu.

Belajar dari Elektabilias Emil

KHOFIFAH PILIHAN MILENIAL: Khofifah, top of mind gubernur Jatim pilihan milenial. | Grafis: Hasil Survei SSC
KHOFIFAH PILIHAN MILENIAL: Khofifah, top of mind gubernur Jatim pilihan milenial. | Grafis: Hasil Survei SSC

Melihat temuan SSC, menurut Edy, pilihan generasi milenial memang belum mengarah ke Heru. “Jadi semua nama itu kita masukkan, bahkan kalau muncul Thoriqul Haq (bupati Lumajang) dan Irsyad Yusuf (bupati Pasuruan) ini juga di luar dugaan kami,” katanya.

Bisa jadi ke depan, nama-nama ini akan semakin populer karena Pilgub Jatim masih digelar tiga tahun lagi. “Kita masih ingat sebelum Pilgub Jatim 2019 yang mengenal Emil Dardak. Tapi begitu terus-terus diwawacarai media berubah menjadi poouler,” ucapnya.

Peneliti senior SSC yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam menambahkan, secara metodologi yang perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan di seluruh Jatim.

“Bisa jadi kalau penelitiannya di Surabaya saja, insyaallah Pak Heru masuk. Kalau penelitiannya hanya di Trenggalek, Mas Ipin (Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin) itu pasti juara satu. Tapi ini penelitian dengan responden milenial Jatim,” paparnya.

Sebagai informasi, penelitian SSC dilaksanakan dari 5 hingga 25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Populasi dalam survei yakni seluruh calon pemilih atau penduduk di Jatim yang menimal berusia 17 tahun atau belum tapi sudah menikah dan bukan anggota TNI/Polri aktif.

1.070 responden dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

EMIL PILIHAN MILENIAL: Emil Dardak, top of mind wakil gubernur Jatim pilihan milenial. | Grafis: Hasil Survei SSC
EMIL PILIHAN MILENIAL: Emil Dardak, top of mind wakil gubernur Jatim pilihan milenial. | Grafis: Hasil Survei SSC

» Baca Berita Terkait Pilgub Jatim