Peneliti SSC: Hati-hati Khofifah, Ada Risma di Belakangmu!

ANCAMAN KHOFIFAH: MensosRisma saat mengunjungi korban gempa Malang. Ancaman serius Gubernur Khofifah di Pilgub Jatim 2024. | Foto: IST
ANCAMAN KHOFIFAH: MensosRisma saat mengunjungi korban gempa Malang. Ancaman serius Gubernur Khofifah di Pilgub Jatim 2024. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam merasa kasihan jika perkembangan Jatim disebut kalangan milenial biasa saja, padahal Gubernur Khofifah Indar Parawansa dinilainya sudah bekerja sangat keras.

“Saya terus terang ya, kalau Pemprov dinilai biasa-biasa saja, ndak ada bedanya dengan yang lalu, sementara kinerja Bu Khofifah lumayan tinggi secara personal, kan ya kasihan. Mesakke,” katanya usai rilis survei SSC  di Narita Hotel, Senin (12/4/2021).

Dalam survei yang dilakukan mulai 5 hingga 25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jatim tersebut, responden yang menyebut Jatim biasa saja sebanyak 50,7 persen, semakin baik (37,3 persen), semakin buruk (4,4 persen), dan tidak tahu/tidak memilih (7,6 persen).

Menurut Surokim, selama ini Khofifah masih terlihat masih terlihat bekerja sendiri, sementara para kepala dinas (OPD) dilihatnya belum mengimbanginya dengan kerja keras.

Temuan di bulan Maret ini, menurut Surokim yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM), menjadikan satu situasi yang patut diwaspadai Khofifah jika ingin maju di Pilgub Jatim 2024.

“Saya tidak mengatakan bahaya, tidak! Tapi alarm Jatim biasa-biasa saja, itu menurut saya tidak positif untuk beliau kalau mau running dua periode,” katanya.

“Apalagi di belakangnya ada Bu Risma (Mensos Tri Rismaharini) yang potensi panggungnya masih cukup luas. Kalau kemudian dia dikesankan biasa-biasa saja, ya hati-hati Bu Khofifah ada Bu Risma di belakangmu,” paparnya.

Dalam top of mind Gubernur Jatim pilihan milenial, Khofifah memang masih tertinggi dengan 16,2 persen. Tapi Risma membayangi dengan 15,5 persen, disusul Emil Dardak (5,2 persen), Saifullah Yusuf (4,6 persen), Puti Guntur (1,2 persen), Azwar Anas (0,6 persen), dan Thoriqul Haq (0,4 persen).

Pun soal elektabilitas gubernur Jatim pilihan milenial. Khofiah masih tertinggi dengan 26,8 persen, disusul Risma (21,8 persen), Emil Dardak (5,8 persen), Saifullah Ysuuf (4,4 persen) Puti GUntur (1,8 persen), dan Azwar Anas (1,4 persen).

Sebagai informasi, populasi dalam survei yakni seluruh calon pemilih atau penduduk di Jatim yang menimal berusia 17 tahun atau belum tapi sudah menikah dan bukan anggota TNI/Polri aktif.

Sedangkan jumlah sampel 1.070 responden, dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

HASIL SURVEI SSC: Gubernur Jatim, Khofifah dibayang-bayangi Mensos Risma di Pilgub Jatim 2024. | Grafis: SSC
HASIL SURVEI SSC: Gubernur Jatim, Khofifah dibayang-bayangi Mensos Risma di Pilgub Jatim 2024. | Grafis: SSC

» Baca Berita Terkait Pilgub Jatim