Survei SSC: Selama Dipimpin Khofifah-Emil, Jatim Sama Saja!

SURVEI SSC: Surokim Abdussalam, ada situasi yang patut diwaspadai Khofifah jika ingin maju lagi di Pilgub Jatim. | Grafis: SSC
SURVEI SSC: Surokim Abdussalam, ada situasi yang patut diwaspadai Khofifah jika ingin maju lagi di Pilgub Jatim. | Grafis: SSC

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mayoritas kalangan milenial menilai, selama dipimpin duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak perkembangan Jawa Timur “biasa saja”.

Hal itu terlihat dari hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) yang dilaksanakan selama 5 hingga 25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jatim dan dirilis di Narita Hotel, Senin (12/4/2021).

Responden yang menyebut Jatim biasa saja sebanyak 50,7 persen, semakin baik (37,3 persen), semakin buruk (4,4 persen), dan tidak tahu/tidak memilih (7,6 persen).

Temuan di bulan Maret ini, menurut Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam, menjadikan situasi yang patut diwaspadai Khofifah jika ingin maju lagi di Pilgub Jatim 2024.

“Yang harus diiwaspadai Bu Khofifah adalah tingkat kepuasan responden terhadap beliau sebagai incumbent, itu menurut saya belum memuaskan. Tadi bahasanya di SSC kan sama saja, menurut saya itu harus dibaca betul,” katanya.

Meski melihat perkembangan Jatim sama saja, ternyata milenial puas dengan kinerja Khofifah maupun Emil. Dari hasil survei, 61,6 persen responden menyatakan puas. Hanya 24,8 persen menyatakan kurang puas, 4,5 persen tidak puas, dan 9,1 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Lalu untuk Emil, 54,7 persen menyatakan puas. Hanya 25 persen menyatakan kurang puas, 5,3 persen tidak puas, dan 15 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Lantas, ada apa di balik itu semua? “Saya melihat Bu Khofifah ini kan sudah sangat bekerja keras, cuma OPD-OPD toh yang kelihatan ndak bekerja keras,” kata Surokim.

“Menurut saya ya harus ada instrospeksi. Kinerja Bu Khofifah tinggi, Pemprov kok seperti ini-ini saja. Apa yang bisa dimaksimalkan dari potensi itu,” tambah Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

Sebagai informasi, populasi dalam survei yakni seluruh calon pemilih atau penduduk di Jatim yang menimal berusia 17 tahun atau belum tapi sudah menikah dan bukan anggota TNI/Polri aktif.

Sedangkan jumlah sampel 1.070 responden, dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

JATIM BIASA SAJA: Selama dipimpin duet kepemimpinan Khofifah-Emil Dardak, perkembangan Jawa Timur biasa saja. | Grafis: SSC
JATIM BIASA SAJA: Selama dipimpin duet kepemimpinan Khofifah-Emil Dardak, perkembangan Jawa Timur biasa saja. | Grafis: SSC

» Baca Berita Terkait Survei SSC