Selasa, 06 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Kandidat Capres 2024

Survei LSI: Elektabiltas Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat di Jatim, Khofifah Nomor 3!

Berita Terkait

SURVEI LSI: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar sebagai Capres 20224 bersaing ketat di Jatim. | Grafis: LSI
SURVEI LSI: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar sebagai Capres 20224 bersaing ketat di Jatim. | Grafis: LSI
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mayoritas warga Jatim lebih memilih Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Ketua DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto ketimbang gubernurnya, Khofifah Indar Parawansa sebagai calon presiden (Capres) di 2024. Ganjar dan Prabowo bahkan bersaing ketat, hanya selisih 2,3%

Hal itu tergambar dari hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada 6 sampai 13 Maret 2022 dan dirilis di Surabaya, Rabu (30/3/2022).

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menyampaikan, populasi survei yakni seluruh WNI di Jatim yang punya hak pilih dalam Pemilu. Mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Ukuran sample sebanyak 1.200 orang diambil dengan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) lebih kurang 2,9% pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Hasilnya, dalam simulasi 29 nama semiterbuka (banyak nama) dan responden boleh menyebutkan nama lainnya, Ganjar dipilih 22.5%, berbeda sekitar dua persen dari Prabowo yang memperoleh 20.2%.

Menyusul di bawahnya Khofifah (10,6%), Menteri Sosial Tri Rismaharini (7,5%), dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (5,7%). Sedangkan nama-nama lainnya lebih rendah, kurang dari 4% dan yang belum menjawab 7,8%.

Menurut Djayadi, ada tiga alasan utama masyarakat dalam memilih calon presiden, yakni merakyat atau memperhatikan rakyat, tegas dan berwibawa, serta jujur/bersih dari KKN. Prabowo dipilih terutama karena alasan tegas dan berwibawa dan Ganjar dipilih karena alasan merakyat/memperhatikan rakyat.

Di kategori calon wakil presiden (Cawapres), Khofifah menjadi pilihan utama responden. Dalam simulasi sebelas nama, perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu berada di urutan pertama.

Khofifah dipilih sebagai Cawapres oleh 21,8% responden, disusul Ganjar (14,5%), Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (13,4%), dan Sandiaga Uno (13,2%). Selanjutnya ada Anies Baswedan (10,6%) dan Ketum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (7,5%). Nama-nama lainnya di bawah 4%.

“Posisi Khofifah tidak terlepas dari kinerjanya sebagai gubernur yang dinilai positif oleh masyarakat. Tingkat kepuasan masyarakat Jatim kepada Khofifah tinggi, 71,3% menyatakan puas dan 18,3% menyatakan sangat puas,” kata Djayadi.

» Baca berita terkait Survei. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -