Rabu, 25 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Survei Kepuasan Kinerja Khofifah-Emil Capai 71,2%, SSC: Bukan Angka Spektakuler!

Berita Terkait

TAK SPEKTAKULER: Mochtar W Oetomo, 71,2% bukan angka spektakuler untuk sebuah kepemimpinan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TAK SPEKTAKULER: Mochtar W Oetomo, 71,2% bukan angka spektakuler untuk kepemimpinan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak memasuki tahun ketiga. Lantas, bagaimana tingkat kepuasan emak-emak di Jatim terhadap kinerja keduanya?

Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) pada 1-10 Februari 2022 di 38 kabupaten/kota di Jatim yang dirilis Rabu (23/2/2022) di Surabaya menunjukkan, 71,2% kalangan emak-emak mengaku puas. Angka tersebut bahkan lebih tinggi dibanding tingkat kepuasan terhadap Joko Widodo-Ma’ruf Amin (66,8%).

Namun Direktur SSC, Mochtar W Oetomo menegaskan, 71,2% bukanlah angka yang spektakuler. “Oke angka aman, tapi bukan angka yang sepektakuler bagi sebuah kepemimpinan. Kalau dia sudah 78% ke atas, lha itu,” katanya, Kamis (24/2/2022).

Tapi kepemimpinan yang mendapatkan tingkat kepuasan di atas 78%, lanjut Mochtar, biasanya adalah kepemimpinan yang progresif, akseleratif, penuh terobosan, serta mampu melakukan percepatan-percepatan dan langsung bisa dirasakan oleh publik.

“Jadi 70% itu angka standar, karena kondisi (Jatim) yang memang kondusif,” tandas peneliti yang juga pengajar di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

Lagi pula soal kepuasan, lanjut Mochtar, sebenarnya publik atau pemilih di Indonesia –apalagi emak-emak — cukup sederhana. Tidak muluk-muluk tuntutannya pada kepemimpinan atau eksekutif.

“Selama kondisi itu kondusif, stabil, masih bisa cari makan, beraktivitas, anak-anaknya bisa sekolah dengan lancar, maka rata-rata kepuasan akan tinggi. Itu sebenarnya yang terjadi di Jatim,” katanya.

Nah, selama tiga tahun kepemimpinan Khofifah-Emil, Mochtar melihat Jatim relatif tidak ada kejadian-kejadian force majeure yang melahirkan konflik sosial, persoalkan-persoalan yang panjang, dan sebagainya. Jatim relatif aman, tidak banyak persoalan yang pelik.

Sebagai informasi, penelitian dilakukan SSC melibatkan 1.070 responden yang dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3% dan tingkat kepercayaan 95%. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

SURVEI SSC: Tingkat kepuasan emak-emak Jatim terhadap kinerja Khofifah-Emil mencapai 71,2%. | Data: SSC
SURVEI SSC: Tingkat kepuasan emak-emak Jatim terhadap kinerja Khofifah-Emil mencapai 71,2%. | Data: SSC

» Baca berita terkait Survei SSC. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -