Senin, 05 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Eh, Ternyata! Emak-emak Jatim Lebih Puas Kinerja Emil Dardak Ketimbang Khofifah

Berita Terkait

BUKAN KHOFIFAH, TAPI EMIL: Emak-emak di Jatim lebih puas dengan kinerja Emil ketimbang Khofifah. | Data: Survei SSC
BUKAN KHOFIFAH, TAPI EMIL: Emak-emak di Jatim lebih puas dengan kinerja Emil ketimbang Khofifah. | Data: Survei SSC
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sudah tiga tahun berjalan duet Gubernur Khofifah Indar Parawansa-Wagub Emil Elestianto Dardak memimpin Jatim. Selama waktu itu, kalangan emak-emak ternyata lebih puas dengan kinerja Emil Dardak ketimbang Khofifah.

Hal itu diketahui dari hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) periode 1 hingga 10 Februari 2022 di 38 kabupaten/kota di Jatim.

Jumlah sampel dalam survei ini yakni 1070, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (stratified multistage random sampling) dengan margin of error lebih kurang 3% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%.

Hasilnya, 70,7% responden menyatakan puas terhadap kinerja Emil Dardak, 15,3% kurang puas, hanya 8,2% yang tidak puas, dan 5,8% lainnya menyatakan tidak tahu/tidak memilih.

“Bahkan hasil ini mengungguli kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pada hasil riset menunjukkan angka 70%,” terang Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam saat rilis hasil survei lembaganya di Surabaya, Rabu (23/2/2022).

Sedangkan kepuasan emak-emak terhadap kinerja Khofifah menunjukkan angka 69,1%, kurang puas 19,8%, tidak puas 6,1%, dan 5% lainnya menyatakan tidak tahu/tidak memilih. Meski di bawah Emil, kepuasan emak-emak terhadap kinerja Khofifah jauh di atas Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang hanya 48,2%.

“Data tersebut mengonfirmasi, bahwa emak-emak Jatim paling puas dengan kinerja Wagub Emil Dardak dan paling tidak puas dengan kinerja Wapres Ma’ruf Amin,” jelas Surokim yang juga dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Sementara terkait penanangan Covid-19, kalangan emak-emak di Jatim puas dengan kinerja pemerintah, baik pusat maupun Pemprov Jatim.

Peneliti Senior SSC, Didik Sugeng Widiarto memaparkan, 70,9% responden merasa puas dengan kinerja pemerintah pusat dalam menangani Covid-19, 17,7% kurang puas, 5% tidak puas, dan 6,4% sisanya menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

“Hasil survei juga menunjukkan 70,2% responden juga merasa puas dengan Pemprov dalam menangani kasus Covid-19. Selebihnya 18,2% kurang puas, 7,6% tidak puas, dan 4% yang lain menyatakan tidak tahu/tidak menjawab” imbuh Didik Sugeng.

» Baca berita terkait Khofifah. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -