Rabu, 28 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Sudah Dihantam Corona, Warga Lamongan Masih Diterjang Banjir

Berita Terkait

CORONA DAN BANJIR: Seorang ibu bermasker menerobos banjir di Kelurahan Babat, Lamongan. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
CORONA DAN BANJIR: Seorang ibu bermasker terobos banjir di Babat, Lamongan. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
- Advertisement -

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Derita berlipat dialami warga 11 kecamatan di Kabupaten Lamongan. Salah satunya Kelurahan Babat. Bayangkan, di tengah melawan wabah Corona (Covid-19), warga masih harus berjibaku dengan terjangan banjir akibat hujan deras sepanjang Kamis  (9/4/2020) malam.

Seperti diketahui, Lamongan termasuk salah satu wilayah di Jatim yang masuk zona merah Corona setelah 13 warganya terkonfirmasi positif terjangkit. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 110, dan 226 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Air mulai masuk rumah sejak hujan lebat tadi malam dan ketinggian air terus naik,” tutur Faizal Rizal, salah seorang warga kelurahan Babat terdampak banjir, Jumat (10/4/2020).

Menurut Faizal, banjir di Kelurahan Babat hampir setiap tahun terjadi saat hujan lebat. Bahkan, banjir kali ini cukup besar dengan ketinggian air mencapai 80 sentimeter.

Lantaran banyak rumah yang terendam banjir, sebagian warga ada yang memilih mengungsi ke rumah sanak keluarganya. Terlebih saat ini warga sedang waspada terhadap penyebaran pandemi Covid-19.

“Tadi tetangga sudah banyak yang mengungsi, soalnya rumahnya sudah terendam dan tidak bisa aktivitas. Khawatirnya kalau hujan lagi justru banjir akan lebih parah,” ucapnya.

Sementara itu Lurah Babat, Siti Aminah menyampaikan kondisi di wilayah kelurahan yang dipimpinnya hampir 90 persen terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Beberapa ruas jalan permukiman maupun rumah warga yang ada di lingkungan Sawo, Ngetrep, Gilang, Kauman, jalan perintis, jalan gotong royong, semuanya terendam banjir.

Sebelumnya, Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Muslimin menuturkan, banjir akibat intensitas hujan yang tinggi merendam 11 kecamatan.

Yakni Kecamatan Karangbinangun (4 desa), Deket (4), Turi (5), Tikung (3), Kembangbahu (1), Sukodadi (11), Modo (3), Kedungpring (3), serta tiga desa di Babat, Lamongan dan Kalitengah.

“Di wilayah selatan banjir ada yang merendam rumah warga, ratusan hektare sawah,” tandas Muslimin.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -