Sore Ini, Tuntutan 26 PC Ansor Jatim Diserahkan ke Ketum

TUNTUT KONFERWIL: 26 PC Ansor Jatim hari ini menyerahkan surat pernyataan sikap ke Ketum Ansor. | Foto: Barometerjatim.com/IST
MINTA KONFERWIL: 26 PC Ansor Jatim hari ini menyerahkan surat pernyataan sikap ke Ketum Ansor. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Minggu (2/6/2019) sore ini, Forum Silaturahim Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Jatim akan menyerahkan pernyataan sikap tertulis yang ditandatangani 26 PC — bukan 27 seperti yang tertulis sebelumnya, karena setelah dikoreksi forum PC ada tanda tangan ganda.

“Rencananya kan mau disampaikan langsung ke Ketum. Informasi dari delegasi kita, tidak perlu ketemu langsung, besok katanya di Surabaya (sore ini),” terang Ketua PC Ansor Kota Batu, M Ja’far Sodik yang bergabung dalam forum PC pada Barometerjatim.com, Sabtu (1/5/2019) malam.

Ya, sore ini Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yakut) diagendakan menghadiri acara buka puasa bersama dan silaturahim dengan kader Ansor di Hotel Elmi Surabaya.

Sesuai undangan yang beredar, acara juga akan dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk memberikan sambutan serta taushiyah oleh Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar.

Seperti diberitakan, 26 PC tersebut berkumpul di Surabaya, Rabu (29/5/2019) malam untuk menyikapi kondisi di internal PW terkait SK penunjukan Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) yang habis 30 Mei 2019 dan gagal menggelar Konferwil tepat waktu sesuai amanat SK.

Forum mengeluarkan tiga butir pernyataan sikap. Pertama, meminta kepada PP Ansor untuk mengambil alih PW Ansor Jatim dan tidak menerbitkan perpanjangan SK PW Ansor Jatim.

Kedua, meminta segera diterbitkan SK PC yang sudah diajukan ke pimpinan pusat. Ketiga, meminta kepada PP Ansor untuk segera dilaksanakan Konferwil.

“Jadi pertemuan kita kemarin hanya penegasan saja. Apa yang kita lakukan itu berbasis PD/PRT. Tidak ada sesuatu hal yang kita langgar. Kita hanya kasih masukan ke PP, segala kebijakan ya silakan nanti PP yang mengambil,” kata Ja’far.

“Dan kita meminta PP untuk tidak mengeluarkan SK (perpanjangan atau penunjukan lagi). Sampai hari ini kita ndak tahu, apakah ada SK penunjukan baru atau ndak.”

Kalaupun tidak ada, lanjut Ja’far, forum PC Ansor Jatim tetap menganggap PW Jatim masih ada dan di bawah kendali PP karena kepengurusan PW terjadi kekosongan lantaran SK penunjukan sudah habis 30 Mei 2019.

Apakah bisa dibilang kepengurusan Ansor Jatim vakum? “Bisa dibilang vakum, dalam arti kepengurusan yang ada di Jatim. Tapi vakum secara organisasi tidak, karena diambl alih PP yang mengeluarkan SK,” jelasnya.

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Konferwil