27 PC Minta PP Ambil Alih Ansor Jatim dan Segera Konferwil

PERLAWANAN: 27 PC Ansor Jatim berkumpul minta PP mengambil alih PW jatim dan segera gelar Konferwil. | Foto: IST for Barometerjatim.com
DESAKAN KONFERWIL: 27 PC Ansor Jatim minta PP mengambil alih PW Jatim dan segera Konferwil. | Foto: IST for Barometerjatim.com

SURABAYA, Barometerjatim.com – Jajaran PW GP Ansor Jatim menghangat. Menyikapi SK penunjukan Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) yang habis 30 Mei 2019 dan gagal menggelar Konferwil, 27 Pimpinan Cabang (PC) berkumpul di Surabaya, Rabu (29/5/2019) malam.

Dikonfirmasi Barometerjatim.com, Kamis (30/5/2019) sore, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Lamongan, Muhammad Masyhur membenarkan dan menyebut dirinya ikut dalam pertemuan tersebut. “Iya, ada 27 PC yang berkumpul dan ini inisiatif bersama. Mulai jam 4 sore sampai sekitar 9 malam,” katanya.

Masyhur menjelaskan, selain silaturahim, forum PC tersebut juga mengelurkan empat keputusan yang akan diteruskan ke Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yakut).

Pertama, mendorong PP untuk mengambil alih kepengurusan PW Ansor Jatim. Kedua, meminta PP tidak memberikan SK perpanjangan kepada Gus Abid maupun penunjukkan ketua lagi.

“Perpanjangan itu maksudnya bukan orang yang sama kemarin, yang sudah diamanati tapi gagal. Jadi yang sudah tidak bisa menggelar Konferwil, ya jangan diamanati lagi,” katanya.

Ketiga, minta PP segera menyelenggarakan Konferwil Ansor Jatim. “Serta (keempat) pengajuan SK PC yang belum keluar, segera dikeluarkan,” tandasnya.

Pengajuan delapan SK PC tersebut, menurut Masyhur sebenarnya sudah berlangsung selama enam bulan. Tapi entah mengapa tidak kunjung dikeluarkan hingga SK Gus Abid berakhir dan Konferwil gagal digelar tepat waktu sesuai amanat SK.

Adakah indikasi perpanjangan SK tak kunjung keluar tersebut karena ada ‘permainan’ jelang Konferwil? Masyhur tak mau berandai-andai, dia hanya berharap perpanjangan SK segera dikeluarkan, karena sudah berproses selam enam bulan.

Pendukung Gus Syafiq

Masyhur menambahkan, sebenarnya yang diundang dalam pertemuan tersebut seluruh PC. Namun yang hadir 27 PC, di antaranya Sidoarjo, Ngawi, Malang, Batu, Pasuruan, Banyuwangi, Sumenep, Bojonegoro, Madiun, serta Mojokerto.

“Jadi ini inisiatif PC-PC lewat buka puasa bersama, ngobrol-ngobrol, temu kangen PC untuk membicarakan, menyikapi kondisi PW Jatim soal penunjukan-penunjukan (ketua) yang tak kunjung selesai. Lalu muncul empat kesimpulan itu,” jelasnya.

Apakah ke-27 PC itu pendukung Syafiq Syauqi (Gus Syafiq), kandidat kuat lainnya di Konferwil selain Gus Abid? Masyhur enggan blak-blakan, namun dia memberi isyarat membenarkan. “Semua orang sudah tahulah,” katanya.

Jika tenggara Masyhur benar, dari total 41 PC di Jatim, maka tinggal 14 PC yang belum atau tidak merapat ke Syafiq yang juga ketua PC GP Ansor Tuban.

TUNTUTAN 27 PC ANSOR JATIM KE PP

  1. Meminta PP untuk mengambil alih kepengurusan PW Jatim.
  2. Tidak memberikan perpanjangan SK untuk Gus Abid atau penunjukkan ketua lagi.
  3. Meminta PP segera menyelenggarakan Konferwil Ansor Jatim.
  4. Pengajuan SK PC yang belum selesai segera dikeluarkan.

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Konferwil