Sekjen Gerindra: Hampir Saya Pastikan Prabowo Maju di 2024!

RAMAH TAMAH: Ahmad Muzani, ramah tamah dengan pengurus DPD Partai Gerindra Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
RAMAH TAMAH: Ahmad Muzani, ramah tamah dengan pengurus DPD Partai Gerindra Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Meski Prabowo Subianto belum declare, Sekjen DPP Partai Gerinda Ahmad Muzani menegaskan kalau ketua umumnya tersebut hampir pasti maju calon presiden (Capres) di 2024.

“Tidak mendahului jawaban beliau, hampir saya pastikan 2024 insyaallah Pak Parabowo maju,” katanya saat ramah tamah dengan DPD Partai Gerindra Jatim di Surabaya, Jumat (22/10/2021).

Kayakinan Muzani bahwa Prabowo akan akan maju sangat besar, karena dari sisi terkait dengan popularitas, elektabilitas, saat ini masih yang terbaik di antara banyak calon yang ada.

“Kemudian dari sisi kesiapan kami, para kader, juga sangat semangat, militan, dan luar biasa. Sehingga, kami merasa bahwa beliau bisa menjadi calon presiden,” katanya.

Namun untuk bisa mengusung Prabowo sebagai Capres di 2024, Gerindra masih harus berkoalisi dengan partai lain karena jumlah kursinya di DPR RI tidak mencukupi untuk mengusung calon sendiri.

Merujuk Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, partai atau gabungan partai bisa mengusung Capres dan Cawapres kalau memperoleh minimal 25% suara di Pemilu sebelumnya atau 20% kursi DPR RI.

Saat ini, kursi Gerindra di DPR RI sebanyak 78 dari total 575 kursi yang ada setelah di Pemilu 2019 meraih 17.596.839 suara (12,57%). Artinya, Gerindra masih butuh koalisi dengan partai lain.

Meski demikian, Muzani merasa tidak mengalami kesulitan untuk berkoalisi karena selama ini hubungannya dengan partai lain berjalan bagus.

“Semua adalah kawan kami, sahabat kami, dan kami merasa tidak punya masalah dengan partai-partai tersebut, sehingga kami merasa tidak ada problem,” ucap politikus yang juga anggota MPR RI itu.

Usung Dhani-Mulan

TURUN KE JATIM: Ahmad Dhani dan Mulan Jameela turun ke Jatim dalam safari Garindra peringati HSN. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TURUN KE JATIM: Ahmad Dhani dan Mulan Jameela turun ke Jatim dalam safari Garindra peringati HSN. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara terkait kedatangannya di Jatim dalam rombongan besar, Muzani menjelaskan, selain untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021 juga bagian dari upaya untuk memperkuat Gerindra di provinsi yang dalam dua kali Pilpres sebelumnya (2014 dan 2019) ‘tak ramah’ buat Prabowo tersebut.

Muzani bahkan menyertakan ‘dua magnetnya’, Ahmad Dhani dan Mulan Jameela dalam rombongan besar DPP Partai Gerindra safari HSN 2021 ke sejumlah pondok pesantren dan kiai di Jatim.

“Biasanya Mas Dhani datang sendiri, Mbak Mulan datang sendirian. Kali ini laki bini datang ke Jatim, itu saking pentingnya Jatim buat kita samua. Maka yakinlah pada suatu hari Jatim akan menjadi kandang kekuatan kami,” kata Muzani.

“Jangan bicara Indonesia sebelum kita menguasai Jatim. Dalam adagium politik nasional, Jatim adalah kunci dari sebuah kekuatan nasional. Dua kali Pak Prabowo nyaris jadi pemenang, salah satunya karena lemah di provinsi ini di samping Jateng,” tegasnya.

Karena itu, tandas Muzani, kekalahan Prabowo di Jatim tidak boleh terulang di Pilpres 2024. Mumpung prosesi dan kontestasi politik masih jauh, Gerindra mengawali untuk merajut bersama-sama kekuatan politik yang ada di Jatim.

» Baca Berita Terkait Pilpres 2024