Ribuan Rumah Terendam, Warga di Lamongan Butuh Peyedot Air

BANJIR DI TENGAH CORONA: Banjir di Kabupaten Lamongan rendam 11 kecamatan. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
BANJIR DI TENGAH CORONA: Banjir di Kabupaten Lamongan rendam 11 kecamatan. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Babat, termasuk salah satu dari 11 kecamatan di Kabupaten Lamongan yang diterjang banjir. Akibatnya, di Kelurahan Babat misalnya, ribuan rumah warga terendam.

“Ada sekitar 3.500 KK (Kepala Keluarga) rumahnya terendam banjir, dan hampir 90 persen wilayah Babat banjir sekarang,” terang Lurah Babat, Siti Aminah, Jumat (10/4/2020).

Babat menjadi langganan banjir setiap hujan lebat, tutur Siti Aminah, lantaran kondisi geografisnya merupakan cekungan. Sehingga air hujan dari desa-desa yang ada di wilayah selatan, mulai dari Gunung Pegat sampai Desa Gajah, Kecamatan Baureno, mengalir deras menuju Babat.

“Jadi semua air hujan mengalir tumplek blek di Babat. Biasanya tertampung di Rowo Sogo, tapi karena debitnya tinggi akhirnya meluber juga,” jelasnya.

Agar air cepat surut, Siti Aminah berharap ada bantuan mesin pompa tambahan untuk membantu mesin pompa yang sudah ada, agar dapat mengatasi banjir saat ini.

“Kami sudah mengajukan bantuan mesin pompa ke provinsi untuk mengatasi banjir yang terjadi setiap kali hujan lebat, namun enggak tahu kapan direalisasikan,” sebutnya.

Bajir di Tengah Corona

Sebelumnya, Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Muslimin menuturkan, banjir akibat intensitas hujan yang tinggi merendam 11 kecamatan.

Yakni Kecamatan Karangbinangun (4 desa), Deket (4), Turi (5), Tikung (3), Kembangbahu (1), Sukodadi (11), Modo (3), Kedungpring (3), serta tiga desa di Babat, Lamongan dan Kalitengah.

“Di wilayah selatan banjir ada yang merendam rumah warga, ratusan hektare sawah,” tandas Muslimin.

Situasi ini membuat derita warga berlipat, lantaran di saat bersamaan tengah melawan wabah virus Corona (Covid-19) agar tidak semakin luas penyebarannya di kabupaten yang dipimpin duet Fadeli-Kartika Hidayati itu.

Seperti diketahui, Lamongan termasuk salah satu wilayah di Jatim yang masuk zona merah Corona setelah 13 warganya terkonfirmasi positif terjangkit. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 110, dan 226 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

» Baca Berita Terkait Wabah Corona