Selasa, 06 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Relokasi Pedagang TPS Pasar Turi, Legislator Gerindra: Beri Keringanan Tarif Sewa

Berita Terkait

PASAR TURI BARU: Relokasi ke Pasar Turi Baru akan membuat pedagang yang sebelumnya menemapti TPS semakin nyaman. | Foto: IST
PASAR TURI BARU: Relokasi ke Pasar Turi Baru akan membuat pedagang yang sebelumnya menemapti TPS semakin nyaman. | Foto: IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Rencana relokasi pedagang Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi ke Pasar Turi Baru disambut baik Wakil Ketua DPRD Surabaya asal Fraksi Partai Gerindra, AH Thoni.

“Dengan adanya relokasi tersebut, pedagang akan mendapatkan tempat yang lebih layak. Tidak berada di TPS yang makin lama makin kumuh, yang membuat perdagangan mereka tidak jalan,” katanya, Sabtu (22/1/2022).

Namun ada hal yang ditekankan AH Thoni, yakni perlu ada komitmen yang jelas dan tertulis soal hak dan kewajiban antara pedagang dan PT Gala Bumi Perkasa sebagai pihak pengelola Pasar Turi Baru.

“Misalnya PT Gala Bumi Perkasa berhak memungut biaya sewa kepada pedagang, namun kewajiban apa yang bisa diberikan ke pedagang,” jelasnya.

AH Thoni juga menyarankan agar pihak pengelola memberikan keringanan tarif sewa atau service charge.

“Ketika pedagang masuk kan tidak serta merta ramai pembeli. Yang penting keberadaan bangunan tersebut bisa beroperasi, sehingga pedagang masuk dengan harapan ramai pembeli sehingga mengembalikan nilai investasi,” terngnya.

Selain itu, kesiapan dari Pasar Turi Baru sendiri yang sudah lama tidak beroperasi. Meskipun bangunan tersebut baru, bisa jadi rusak karena waktu mengingat tidak ada perawatan.

“Tolong juga dipersiapkan dari pihak PT Gala Bumi Perkasa, jangan sampai ketika pedagang masuk Pasar Turi Baru dalam kondisi apa adanya. Kelayakannya perlu dipertimbangkan,” ujar AH Thoni.

Tak kalah penting, lanjut AH Thoni, yakni sosialisasi ke para pedagang agar tidak menimbulkan polemik.

“Selama ini ada pandangan bahwa pedagang tidak masuk karena disokong oleh kepentingan pengusaha lain, yang seolah-olah mendapatkan keuntungan ketika Pasar Turi tidak bangkit. Supaya tidak ada kesan seperti itu,” ucapnya.

Pemkot Berperan Strategis

BERI DUKUNGAN: AH Thoni, dukung relokasi pedagang TPS Pasar Turi ke Pasar Turi Baru. | Foto: Barometerjatim.com/DOK
BERI DUKUNGAN: AH Thoni, dukung relokasi pedagang TPS Pasar Turi ke Pasar Turi Baru. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

Sedangkan kepada pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, AH Thoni berharap juga berperan strategis dalam relokasi pedagang TPS Pasar Turi.

“Misalnya bisa dengan memberikan insentif berupa keringanan kewajiban kepada PT Gala Bumi Perkasa atau memberikan sejumlah kemudahan. Seperti persoalan spek bangunan yang menjadi persoalan antara PT Gala Bumi Perkasa dan Pemkot Surabaya sebagai pemilik lahan,” terangnya.

Selebihnya, AH Thoni mengapresiasi rencana relokasi pedagang TPS Pasar Turi sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi Kota Pahlawan.

“Artinya persoalan-persoalan yang dulu menjadi kendala, seperti mahalnya tarif sewa dan service charge, serta persoalan antara Pemkot Surabaya dan PT Gala Bumi Perkasa tampaknya sudah ada titik temu,” katanya.

AH Thoni yakin, keberadaan Pasar Turi Baru akan semakin menghidupkan ekonomi Surabaya. Beberapa pusat bisnis yang ada diharapkan bisa saling mendukung dan keberadaannya jangan dilihat sebagai rival.

“Namun menjadi terbangunnya sebuah kawasan perdagangan di Surabaya yang dulunya tanpa Pasar Turi, namun sekarang Pasar Turi bangkit kembali sehingga ekonomi bisa jalan,” pungkasnya.

» Baca berita terkait DPRD Surabaya. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -