Ramai Corona B117, Khofifah: Tak Ditemukan di Jatim!

JATIM STERIL CORONA B117: Khofifah, belum ditemukan mutasi Corona B117 di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
JATIM STERIL CORONA B117: Khofifah, belum ditemukan mutasi Corona B117 di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

MOJOKERTO, Barometerjatim.com – Di tengah kepanikan masyarakat terkait mutasi virus Corona B117 UK, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan belum ditemukan varian virus baru tersebut di wilayah yang dipimpinnya.

Menurut Khofifah, sejak B117 UK ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sudah ada 76 sampel yang diambil dari Jatim untuk dilakukan proses sequencing — proses mengurutkan RNA Virus untuk mengetahui susunan aslinya — di Jakarta, begitu juga daerah lain di Jawa.

Hasilnya? “Alhamdulillah konfirmasi sampai dengan pagi ini, saya tanya sampel yang dari Jatim tidak ditemukan mutasi B117 seperti yang ditemukan di Karawang, Jabar,” katanya usai menghadiri serah terima jabatan bupati dan wakil bupati Mojokerto, Jumat (5/3/2021).

“Jadi alhamdulillah, semua sebenarnya terkontrol dan kita berharap nantinya proses itu bisa dilakukan di Institute of Tropical Disease (ITD) Unair Surabaya,” tandasnya.

Soal antisipasi, Khofifah menuturkan setiap mereka yang berasal dari daerah terkonfirmasi mutasi Corona B117 UK harus disampiling. “Itu yang bisa dilakukan dan kita sedang berusaha, ini kan masih tersentral di Jakarta,” katanya.

Sebetulnya, lanjut Khofifah, Balitbangkes yang ada di Surabaya dan ITD di Unair sudah memungkinkan untuk bisa melakukan sequencing dari sampel yg kemungkinan bisa diidentifiksi siapa pulang dari mana.

Sementara terkait perkembangan Covid-19 di Jatim, Khofifah menuturkan per Selasa (2/3/2021) sebanyak 16 kabupaten/kota di Jatim sudah masuk zona kuning, di antaranya Kabupaten Mojokerto.

“Ini setera dengan 42 persen daerah di Jatim sudah masuk zona kuning, artinya risiko rendah. Sisanya risiko sedang atau oranye,” tuntas Khofifah.

Sebelumnya, bertepatan dengan peringatan setahun Corona di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono melaporkan ditemuan dua kasus mutasi virus Corono B117 asal Inggris di Karawang, Jabar.

“Tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” ujarnya.

Kedua warga yang terpapar Corono B117 tersebut yakni dua orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Karawang, M (40) dan A (45).

» Baca Berita Terkait Wabah Corona