Positif Corona di Jatim Jadi 66, 4 Kabupaten Susul Zona Merah

CORONA MELUAS di JATIM: Khofifah saat mengupdate penyebaran virus Corona diJatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
CORONA MELUAS di JATIM: Khofifah saat mengupdate penyebaran virus Corona di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dari hari ke hari jumlah pasien postif virus Corona (Covid-19) di Jatim terus bertambah. Begitu pula dengan jumlah kabupaten/kota bersusulan masuk zona merah alias wilayah terjangkit.

Dari update yang disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (27/3/2020), pasien positif bertambah tujuh menjadi 66 dari sehari sebelumnya 59 orang.

“Kemarin 56 sekarang 66. Kemudian PDP (Pasien Dalam Pengawasan), sekarang menjadi 267 dan ODP (Orang Dalam Pemantauan) menjadi 3.781, sebelumnya 3.055 orang,” kata Khofifah dalam konferensi pers.

Tujuh tambahan pasien positif hari ini, tutur Khofifah, berasal dari Kabupaten Malang (1 orang), Kota Malang (1), Kabupaten Jember (1), Kabupaten Situbondo (2), Kabupaten Lumajang (1) dan Kota Batu (1).

Sedangkan total rincian dari 66 pasien positif Corona, yakni Surabaya (33), Kabupaten Malang (5), Kota Malang (3), Kota Batu (1), Magetan (8), Sidoarjo (8), Kabupaten Kediri (2), Gresik (1), Kabupaten Blitar (1), Lumajang (1), Jember (1) dan Situbondo (2).

Dari data tersebut, ada empat pasien yang meninggal dunia, yakni di Malang, Surabaya, Sidoarjo dan Kediri masing-masing satu orang.

Lalu ada delapan yang terkonversi negatif alias sembuh yakni dari RSUD dr Saiful Anwar Malang (1), RSUD dr Soetomo Surabaya (5) dan RS Universitas Airlangga (UA) Surabaya (2).

RS Rujukan Bertambah

Kenaikan pasien positif, PDP dan OPD, membuat sejumlah daerah naik status menjadi zona merah alias masuk wilayah terjangkit. Bahkan, Kabupaten Situbondo yang dua hari lalu masih zona hijau, hari ini langsung zona merah.

“Jadi sangat mungkin tidak melalui oranye atau kuning, tetapi dari hijau langsung merah, dan yang hijau langsung merah ada Situbondo,” kata gubernur yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

Selain Situbondo, tiga kabupaten/kota lainnya, yakni Jember, Lumajang dan Batu ikut masuk zona merah. Sedangkan dua kabupaten, Sampang dan Sumenep masih bertahan di zona hijau.

“Nah, posisi seperti ini saya rasa akan menjadi tambahnya kewaspadaan kita semua, disiplinnya kita semua, mengikuti berbagai hal yang selama ini dianjurkan berkali-kali, tinggal di rumah jangan keluar kecuali ada hal-hal yang sangat urgen,” papar Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu juga menyampaikan terima kasih, karena ada tambahan RS rujukan dari semula 65 bertambah delapan menjadi 73 untuk pasian Covid-19. Lalu jumlah bed sebanyak 1.282, dan jika ditambah dengan ruang obeservasi total menjadi 2.232.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona