PKB Jatim Usulkan Machfud, Calon Wakil Potensi Tarik Ulur!

PILWALI SURABAYA: Machfud Arifin, berpeluang besar mendapat rekomendasi dari PKB. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
PILWALI SURABAYA: Machfud Arifin, berpeluang besar mendapat rekomendasi dari PKB. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selain PAN (3 kursi), PKB (5 kursi) juga kemungkinan besar bakal mengusung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020. Bedanya, PKB masih menunggu siapa bakal calon wakil yang akan dipilih Machfud.

“Surabaya kita hanya bicara Cawawali. Karena Cawawali, kita berharap koalisi partai pengusung Pak Machfud Arifin ngumpul dulu untuk menentukan siapa wakilnya,” kata Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi di Gedung DPRD Jatim, Kamis (16/1/2020).

Jadi tidak bisa, sambung Fauzan, “Misalnya ada yang merekomendasikan Pak Machfud langsung dengan paket wakilnya, sementara koalisi lain belum diajak bicara. Tidak bisa! Pasti nanti kami akan duduk bareng.”

Artinya kalau untuk Bacawali PKB berpeluang mengusung Machfud? “Lho, surat kami (DPW) sudah naik (ke DPP),” ungkap politikus yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim itu.

Respons DPP? “Formalnya tentu tetap akan ada, istilahnya Uji Kompetensi dan Kepatutan (UKK), ya itu dilewati dulu,” katanya. Berarti Machfud akan UKK ke DPP? “Pasti!” tandas Fauzan.

Sebelumnya, DPC PKB Surabaya mengusulkan Machfud untuk diusung Parpolnya sebagai Bacawali Surabaya di Pilwali 2020. Usulan tertuang dari hasil rapat pleno DPC tanggal 27 Desember 2019.

Ketua DPC PKB Kota Surabaya, Musyafak Rouf menjelaskan usulan tersebut atas ajakan Machfud. “Tapi saya jelaskan ke Pak Machfud kalau suara PKB tidak cukup mengusung sendirian jadi perlu koalisi partai. Nanti kalau sudah terbentuk saya berani melangkah lebih lanjut,” jelasnya.

Alasan mengusulkan Machfud, lanjut Mausyafak, atas saran dari kiai di jajaran syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Menurut Musyafak, PKB dilahirkan dari NU sehingga harus mengikuti kata kiai, namun tetap sesuai mekanisme.

Pada Pemilu 2019, perolehan suara PKB di Surabaya mencapai 162.242 suara, atau jika dikonversi menjadi lima kursi di DPRD Surabaya, sama dengan perolehan Gerindra, Golkar dan PKS.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya