Pindah Tempat! Vaksinasi Pertama Jatim Digelar di Grahadi

CEK KESIAPAN: Heru Tjahjono mengecek kesiapan tempat untuk vaksinasi pertama Jatim di Grahadi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
CEK KESIAPAN: Heru Tjahjono mengecek kesiapan tempat untuk vaksinasi pertama Jatim di Grahadi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Vaksinasi Covid-19 perdana di Jatim, Kamis (14/1/2021), batal digelar di RSUD dr Soetomo dan dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

“Jadi menyampaikan arahan gubernur, untuk vaksin yang dilakukan pertama adalah dilaksanakan di Grahadi,” kata Sekda Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono, Rabu (13/1/2021).

Soal pindah tempat ke Grahadi, menurut Heru, karena sejumlah pertimbangan. Salah satunya, agar bisa memberikan informasi lebih luas kepada masyarakat.

Selain itu, bisa dilihat proses tahapan siapa siapa yang divaksin pada tahap pertama ini. “Maka vaksinasi akan dilaksanakan di Gedung Grahadi,” tandasnya.

Meski tidak di lingkungan rumah sakit, Heru memastikan segala SOP keselamatan telah dipersiapkan. “Jadi baik ICU, apapun yang perlu menjadi kelengkapan vaksin tersebut, tetap disiapkan. Oleh sebab itu, kondisi di sini aman,” katanya.

Sementara terkait teknis pelaksanaan vaksinasi, Ketua Satgas Kuratif Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi menjelaskan pihaknya telah menyiapkan ada empat meja.

Meja pertama untuk pendaftaran, meja kedua pengecekan, meja ketiga proses vaksin, dan meja keempat konservasi pasca suntik vaksin.

“Segala proteksi terhadap kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) sudah kita antisipasi, di belakang itu ada mini ICU,” kata Joni.

Tak hanya itu, disediakan pula unit ambulans yang direct ke RSUD dr Soetomo apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Walaupun angka kejadian itu kecil, tapi keamanan itu perlu kita waspadai,” tandas dokter yang juga Dirut RSUD dr Soetomo tersebut.

Soal siapa saja yang akan dilakukan vaksinasi, menurut Joni, masih menunggu keputusan dari Kemenerian Kesehatan karena datanya hanya satu yang tersentral di Subdit Vaksin.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona