Pilkada 2020 di Jatim, PDIP: Minimal Menang di 13 Daerah

TARGET PILKADA: Kusnadi, PDIP minimal memenangi Pilkada di 13 daerah di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TARGET PILKADA: Kusnadi, PDIP minimal memenangi Pilkada di 13 daerah di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – PDIP memasang target tinggi di Pilkada serentak 2020. Dari 19 daerah, minimal menang di 13 daerah seperti perolehan saat Pilkada serentak 2015.

“Kalau target ya sebanyak-banyaknya. Tapi lima tahun yang lalu, 2015, kita dapat 13 dari 19. Maka untuk 2020 ya tidak boleh kurang dari itu,” kata Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi di sela Konfercab serentak zona Surabaya di Empire Palace, Minggu (7/7/2019).

Di antara daerah yang dimenangkan PDIP dengan sukses mengantarkan kadernya sebagai kepala daerah, yakni Tri Rismaharini (wali kota Surabaya), Budi ‘Kanang’ Sulistyono (bupati Ngawi) serta Abdullah Azwar Anas (bupati Banyuwangi).

Sedangkan untuk wakil kepala daerah, di antaranya Raharto Teno Prasetyo (wakil wali kota Pasuruan, kini Plt wali kota Pasuruan), serta Muhammad Nur Arifin (wakil bupati Trenggalek, kini bupati Trenggalek).

“Mutlak, harus! Ya minimal 13 itu. Lha kalau kemudian kurang dari itu, artinya ya kinerja kita menjadi menurun kan. Jadi buat apa kita selama lima tahun bekerja keras, tapi hasil yang kita peroleh kemarin itu berkurang,” sambung Kusnadi.

Namun Kunadi belum bisa memastikan, apakah partainya akan mengusung kader sendiri, termasuk tanpa berkoalisi dengan partai lain. “Itu nanti akan kita lihat dinamika masyarakat yang ada di situ,” katanya.

Sebab, meski menang di 13 daerah tersebut, Kusnadi memastikan PDIP akan tetap memperhatikan harapan masyarakat. “TIdak boleh mentang-mentang. Almarhum Pak Taufik Kiemas menyatakan bahwa politik itu berbagi,” katanya.

Sementara untuk penjaringan bakal calon, kemungkinan akan dilakukan awal 2020, karena KPU baru mulai tahapannya pada September 2019.

Selain itu, pengurus di Jatim juga akan menunggu rekomendasi dari DPP. ”Saat ini kami masih fokus dalam reorganisasi terlebih dahulu,” jelasnya.

DAERAH TARGET KEMENANGAN PDIP

  1. Surabaya
  2. Pasuruan (Kota)
  3. Blitar (Kota)
  4. Blitar (Kabupaten)
  5. Ngawi
  6. Kerdiri (Kabupaten)
  7. Trenggalek
  8. Banyuwangi
  9. Sumenep
  10. Mojokerto (Kabupaten)
  11. Tuban
  12. Lamongan
  13. Jember

» Baca Berita Terkait PDIP, Megawati