Perkuat Moderasi Beragama, Bamag Kunjungi PCNU Surabaya

KUNJUNGAN BAMAG: Ketua PCNU Surabaya, Muhibbin Zuhri menerima kedatangan pengurus Bamag Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KUNJUNGAN BAMAG: Ketua PCNU Surabaya, Muhibbin Zuhri menerima kedatangan pengurus Bamag Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di tengah suasana Ramadhan, pengurus Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) melakukan kunjungan ke kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya di Jalan Bubutan VI/2, Kamis (29/4/2021) malam.

Kedatangan mereka disambut Ketua PCNU Surabaya, KH Muhibbin Zuhri beserta sejumlah pengurus harian lainnya. Hadir pula KH Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans (mustasyar).

Ketua Umum Bamag Surabaya, Pendeta M Sudhi Dharma menuturkan, kunjungannya merupakan agenda rutin yang dibangun kembali setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Sehingga momen Ramadhan ini kami anggap tepat waktunya untuk kami sowan, kami hadir untuk kembali membangun (silaturahmi,” katanya.

Terlebih Bamag dan PCNU Surabaya sering melakukan kegiatan bersama. “Dan ini tadi kita bangun kembali, kita hidupkan kembali apa yang bisa kita kerjakan bersama,” tandasnya.

Adakah hal khusus yang dibicarakan? Menurut Sudhi, selama ini Bamag dan PCNU Surabaya bersama-sama membangun kebersamaan untuk bisa menjadi berkat bagi kota dan masyarakat Surabaya.

“Itu biasa kita masuk pada wawasan kebangsaan. Bagaimana kita sebagai masyarakat, warga negara, untuk bisa melakukan sesuatu. Nah itu biasanya kita bersama dengan PCNU,” katanya.

Keagamaan yang Moderat

SINERGI: KH Muhibbin Zuhri dan Pendeta Sudhi Dharma, sinergi kegiatan sosial dan keagamaan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SINERGI: KH Muhibbin Zuhri dan Pendeta Sudhi Dharma, sinergi kegiatan sosial dan keagamaan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu Muhibbin menuturkan, selama ini Bamag dan PCNU Surabaya memang sudah bekerja sama untuk bersama-sama berkhidmat membangun kesejahteraan warga, khususnya di bidang sosial dan keagamaan.

“Seperti dalam konteks kebangsaan, terutama bagaimana bersinergi dengan pemerintah kota supaya lebih meningkatkan kemanfaatan untuk warga melalui kegiatan sosial dan keagamaan,” ujar Muhibbin.

“Ini yang sedang terus kita rawat, kita bangun kerja sama. Mudah-mudahan nanti dalam waktu dekat juga ada kegiatan yang bisa kita lakukan bersama dalam konteks membangun wawasan kebangsaan,” sambungnya.

Apalagi beberapa waktu lalu masih ada penggeledahan terkait terorisme dan lain sebagainya. Karena itu, penting bagi PCNU dan Bamag membangun pemahaman keagamaan yang moderat, mengedepankan moderasi beragama.

“Nah bagaimana kita mengajak teman-teman dari organisasi keagamaan yang lain, nanti insyaallah, kita bicara mencari langkah yang taktis dan strategis untuk bisa kita jalankan melalui organisasi masing-masing,” tutupnya.

» Baca Berita Terkait PCNU Surabaya