PCNU: Kalau Surabaya Punya Menara Rukyat, Itu Lebih Keren!

RUKYATUL HILAL: Muhibbin Zuhri, rukyatul hilal dari rooftop One Icon Residence, Tunjungan Plaza. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
RUKYATUL HILAL: Muhibbin Zuhri, rukyatul hilal dari rooftop One Icon Residence, Tunjungan Plaza. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Surabaya menambah titik baru untuk rukyatul hilal. Setelah dalam lima tahun di Nambangan, Kenjeran, tahun ini Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU Surabaya menginisiasi digelar di rooftop One Icon Residence (tinggi sekitar 200 meter), kawasan Tunjungan Plaza Surabaya, Senin (12/4/2021).

“Untuk tahun ini, kami mohon Pak Wali juga membantu memfasilitasi kami bisa rukyat di tempat yang lebih tinggi dan gedung ini insyaallah memenuhi syarat untuk itu,” kata Ketua PCNU Surabaya, KH Muhibbin Zuhri kepada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Selain Eri, rukyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1442 H juga dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh agama di Surabaya. Mulai dari pihak Kantor Kemenag, Pengadilan Agama, MUI, PD Muhammadiyah, FKUB, serta Building Manager One Icon Residence, Arovakh Bakhtiar.

Muhibbin berharap, rukyatul hilal untuk tahun-tahun selanjutnya juga bisa dilaksanakan di rooftop One Icon Residence . “Syukur kalau suatu saat nanti Surabaya bisa punya menara rukyat sendiri Pak (Wali), itu lebih keren, mudah-mudahan,” katanya.

“Sehingga tidak kalah dengan Gresik yang punya Condrodipo. Surabaya perlu punya seperti Burj Dubai gitu, yang rooftop-nya bisa dipakai untuk rukyat,” tandasnya yang disambut aplaus hadirin.

Meski Surabaya belum memiliki menara setinggi Burj Khalifa (828 meter), tapi saat ini Kota Pahlawan punya kebangaan sendiri karena punya One Icon Residence yang rooftop-nya untuk kali pertama dipakai rukyatul hilal.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Surabaya, KH Husnul Maram membenarkan kalau rukyatul hilal tahun ini di rooftop One Icon Residence merupakan inisiasi PCNU Surabaya.

“Betul, ini adalah pertama kali inisiatif dari Bapak Ketua PCNU. Hari Sabtu nelepon saya, Hari Ahad ketika pelantikan DMI kecamatan se-Surabaya, Gus Eri wali kota Surabaya, memberikan pemantapan, akhirnya kami bergerak langsung,” katanya.

Kiai Husnul menambahkan, setelah acara ini, rooftop One Icon Residence akan didaftarkan ke pusat kalau di Surabaya bakal ahir titik baru untuk rukyatul hilal.

“Karena titik baru ini dukungan dari Pak Wali Kota, insyaallah nanti hasilnya juga akan bermanfaat untuk masyarakat Surabaya dan Indonesia pada umumnya,” tandasnya.

PUNYA MENARA SENDIRI: Muhibbin Zuhri, berharap Surabaya punya menara untuk rukyatul hilal. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PUNYA MENARA SENDIRI: Muhibbin Zuhri, berharap Surabaya punya menara untuk rukyatul hilal. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Rukyatul Hilal