Senin, 04 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Pemkot Surabaya Gelar Lomba Desain Patung Bung Karno Berhadiah Rp 190 Juta, Mau Ikutan?

Berita Terkait

PATUNG BUNG KARNO: Eri Cahyadi, siapkan Rp 190 juta dalam sayembera desain patung Bung Karno. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PATUNG BUNG KARNO: Eri Cahyadi, siapkan Rp 190 juta dalam lomba desain patung Bung Karno. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Bertepatan dengan hari lahir Bung Karno, 6 Juni, Pemkot Surabaya menggelar sayembara desain patung Sang Proklamator bertema ”Warisi Apinya, Jangan Abunya”.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan, pihaknya menyediakan total hadih Rp 190 juta untuk sayembara ini. Desain pemenang akan diaplikasikan dalam sebuah patung yang bakal dibangun Pemkot Surabaya.

”Selain penegasan bahwa Bung Karno lahir di Surabaya, ini ikhtiar kita untuk terus mengingat, mempelajari, dan membumikan dalam tindakan segala pemikiran serta teladan Bung Karno yang sungguh luar biasa kebaikannya bagi Indonesia dan dunia,” ujar Eri dalam jumpa pers, Senin (6/6/2022).

Turut hadir dalam jumpa pers yakni Wawali Surabaya Armuji, mantan Wali Kota Surabaya Bambang DH dan Whisnu Sakti Buana, mantan Wali Kota Blitar Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, dan sejarawan Unesa Rojil Nugroho Bayuaji.

Eri menambahkan, pengumpulan karya terakhir pada Oktober dan pemenang diumumkan 10 November 2022. Teknisnya kita disebarkan dalam poster di media sosial, media massa, dan berbagai kanal komunikasi.

“Kami berharap dengan sayembara ini semua seniman bisa terlibat, memberikan ide terbaik. Sehingga dalam membangun Pemkot Surabaya tidak berjalan dalam imajinasinya sendiri, melainkan membuka ruang bagi imajinasi publik,” jelasnya.

Menurut Eri, sayembara desain patung Bung Karno akan sangat kental dengan nilai-nilai artistik. Ini adalah bagian dari penghormatan kepada Bung Karno yang juga dikenal sebagai seniman dan arsitek.

”Tidak banyak yang mengetahui bahwa Bung Karno menjiwai arsitektur dalam kepemimpinannya. Karya-karya di era kepemimpinannya timeless, seperti Masjid Istiqlal, Monas, Gedung Sarinah, Hotel Indonesia, Tugu Selamat Datang, dan sebagainya,” kata Eri.

“Kami berharap desain nantinya juga mewarisi semangat Bung Karno, pemikiran Bung Karno, yang akan selalu relevan sampai kapan pun,” tandasnya.

» Baca berita terkait Bung Karno. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -