Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Hampir Sentuh 50%, Gerindra Paling 'Berkeringat'!

| -
Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Hampir Sentuh 50%, Gerindra Paling 'Berkeringat'!
UNGGUL JAUH: Baihaki Siratj saat memaparkan hasil survei lembaganya, Prabowo-Gibran unggul jauh. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka makin tak terbendung di Jawa Timur. Bahkan elektabilitasnya hampir menyentuh 50%. Hal itu tergambar dari hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

"Hasil survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur. Prabowo-Gibran unggul jauh atas Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin," kata Direktur ARCI, Baihaki Siratj di Surabaya, Sabtu (23/12/2023).

Dalam survei ARCI, ektabilitas Prabowo-Gibran berada di angka 48,6%. Disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 26,1% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 23,7%. Sedangkan sebanyak 1,6% responden belum menentukan pilihan.

Baihaki menyebut, tren Prabowo-Gibran terus meroket sejak deklarasi bersama bahkan di musim kampanye ini terus naik hampir menyentuh 50%.

| Baca juga:

"Jika trennya seperti ini, tidak menutup kemungkinan Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran," tambahnya.

Dalam simulasi Pilpres dua putaran pun, lanjut Baihaki, Prabowo-Gibran tetap unggul baik jika berhadapan dengan Ganjar-Mahfud ataupun Anies-Muhaimin.

Prabowo-Gibran meraih elektabilitas 59,4% jika menghadapi Anies-Muhaimin yang meraih 36,8% dan 3,8% responden belum menjawab. Lalu Prabowo-Gibran meraih 61,2% jika head to head kontra Ganjar-Mahfud yang hanya meraih 31,7% dan 7,1% responden belum menjawab.

Buah Kerja Keras

Salah satu faktor yang membuat elektabilitas Prabowo-Gibran meroket, tandas Baihaki, yakni banyak pemilih Ganjar beralih ke Prabowo.

"Semakin banyak serangan ke Jokowi dari paslon 03, maka semakin banyak juga suara yang berpindah ke paslon 02," terangnya.

Selain itu, Baihaki menyebut kerja keras kader partai dari Koalisi Indonesia Maju di Jatim khususnya Gerindra, membuahkan hasil dengan elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jatim.

| Baca juga:

"Kerja parpol di Koalisi Indonesia Maju sangat masif. Program kampanyenya tepat sasaran. Ini buah kerja keras juga dari kader Gerindra di Jatim di bawah komando Anwar Sadad yang sudah bertahun-tahun gencar menyosialisasikan Prabowo," ujarnya.

Survei ARCI dilakukan pada 10-20 Desember 2023, menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.000 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Margin of error survei 3% pada tingkat kepercayaan 95%.{*}

HASIL SURVEI ARCI PILPRES DI JATIM

1. Prabowo-Gibran 48,6%
2. Ganjar-Mahfud 26,1%
3. Anies-Muhaimin 23,7%
Tidak tahu/tidak menjawab: 1,6%

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.