Andai Eri Cahyadi Naik Level ke Pilgub Jatim, 3 Kader PDIP Ini Dinilai Layak Maju Wali Kota Surabaya

| -
Andai Eri Cahyadi Naik Level ke Pilgub Jatim, 3 Kader PDIP Ini Dinilai Layak Maju Wali Kota Surabaya
LAYAK: (Dari kiri) Armuji, Adi Sutarwijono, dan Baktiono dinilai layak maju Wali Kota Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometer Jatim – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berpeluang naik level ke Pilgub Jatim 2024. Ini setelah elektabilitasnya melejit di bursa Cagub maupun Cawagub.

Andai benar, siapa yang layak maju Cawali meneruskan posisi Eri menakhodai Kota Pahlawan? Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC), Ikhsan Rosidi berpandangan dari internal PDIP ada sejumlah nama potensial dan punya kans maju sebagai Cawali.

“Dari internal PDIP, ya tentu saja wakil wali kota sekarang ini, incumbent, Pak Armuji. Dari segi popularitas, tentu saja tidak bisa kita elakkan lagi, pasti potensial maju sebagai salah satu calon wali kota,” katanya, Rabu (19/7/2023).

Selain Armuji, nilai Ikhsan, ada Baktiono yang popularitasnya juga sangat tinggi. Malah sebagai pemecah rekor lima kali terpilih sebagai anggota DPRD Surabaya.

| Baca juga:

Nama lain yang punya kans, yakni Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwidjono. “Ya tentu saja sebagai ketua DPC PDIP, partai terbesar di Surabaya saat ini juga sangat kuat kansnya untuk maju sebagai salah satu calon wali kota,” kata Ikhsan.

“Hanya saja yang santer terdengar saat ini kan, Mas Awi (sapaan akrab Adi Sutarwijonno) memilih berkonsentrasi membesarkan partai daripada perpikir untuk meramaikan bursa Pilwali,” sambungnya.

Ikhsan juga menandaskan, ketiga nama yang disebut bukan hasil survei SSC tapi sebatas pengamatannya. “SSC secara spesifik belum melakukan survei mengenai elektabilitas calon-calonn wali kota,” katanya.

“Jadi nama-nama yang saya sebut lebih pada pegamatan saya terhadap popularitasnya sejauh ini, dan rekam jejak kiprah politik mereka di Surabaya sampai saat ini,” ucap Ikhsan.

| Baca juga:

Sebelumnya dalam survei SSC yang dilakukan pada 20-30 Juni 2023 di 31 kecamatan se-Surabaya, Eri berada di urutan ketiga kandidat Cagub Jatim dengan elektabilitas 18,4%, bahkan menyalip Wagub Emil Elestianto Dardak (11,3%) yang berada di posisi 4. Sedangkan di posisi pertama masih ditempati Gubernur Khofifah Indar Parawansa (36,3%), disusul Mensos Tri Rismaharini (19,8%).

Di bursa Cawagub, Eri berada di posisi kedua dengan elektabilitas 17,1%, menempel Emil yang berada di posisi teratas (34,4%). Melihat tren elektabilitas, Eri disebut-sebut berpeluang besar maju di Pilgub Jatim 2024.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, kata Ikhsan, elektabilitas Eri di urutan ketiga setelah Tri Rismaharini dalam bursa Cagub Jatim. "Artinya warga Surabaya lebih senang Eri maju sebagai Cagub seandainya nanti beliau maju.,” katanya.{*}

| Baca berita Pilwali Surabaya. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.