Senin, 23 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Minim Layanan Kesehatan, Warga Gili Ketapang Probolinggo Curhat ke Anwar Sadad

Berita Terkait

SAMBUTAN HANGAT: Anwar Sadad dapat sambutan hangat dari warga Desa Gili Ketapang Probolinggo. | Foto: Barometerjatim.com/IST
SAMBUTAN HANGAT: Anwar Sadad dapat sambutan hangat dari warga Desa Gili Ketapang Probolinggo. | Foto: Barometerjatim.com/IST
- Advertisement -

PROBOLINGGO, Barometerjatim.com – Usai safari di Madura, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad berlayar ke Pulau Gili Ketapang di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Kamis (14/4/2022).

Tiba di Desa Gili Ketapang, Sadad mendapat sambutan hangat sekaligus keluhan dari warga, terutama minimnya pelayanan kesehatan karena hanya ada Puskesmas Pembantu (Pustu) dengan perawat dan bidan, tidak ada dokter.

“Mirisnya, kalau ada orang sakit di malam hari dan perlu penanganan segera, kami tidak punya kapal siaga,” keluh Kepala Desa Gili Ketapang, Monir.

“Memang disini ada Pustu tapi itu tidak maksimal. Sehingga warga harus merujuk ke rumah sakit yang ada di Kota Probolinggo untuk mendapat perawatan medis,” wadulnya.

Karena itu, lanjut Monir, saat ini yang dibutuhkan warga adalah transportasi pelayanan kesehatan untuk membawa warga yang sakit dan dibutuhkan yang cepat.

“Kalau misal perjalanan ke Kota Probolinggo 45 menit, nanti kalau ada transportasi yang cepat bisa mencapai 25 menit,” sambungnya.

Kebutuhan transportasi cepat tersebut, tandas Monir, tidak setiap hari digunakan, hanya ketika ada warga yang sakit. “Kesehatan sekarang ini sudah digratiskan oleh pemerintah, tapi transportasinya ini yang perlu diperhatikan juga,” katanya.

Selain itu, warga mengeluhkan kurangnya infrastruktur bagi warga. Mereka ingin ada penambahan dermaga sebagai akses perputaran ekonomi.

“Meskipun kita punya DD (Dana Desa), kita tidak bisa membangun dermaga. Padahal infrastruktur ini yang dibutuhkan oleh masyarakat Gili Ketapang, karena ini merupakan pusat perekonomian masyarakat,” lanjut Monir.

Merespons keluhan warga, Sadad mengatakan kalau kebutuhan kesehatan atau pelayanan kesehatan saat ini memang menjadi perhatian serius. Dia meminta kepala desa bisa mengawal perencanaan ini sesuai dengan tingkatan levelnya.

Namun legislator yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jatim itu tidak tinggal diam untuk mengawal ke tingkat Jatim, agar masyarakat Pulau Gili Ketapang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Nanti kita kawal juga ke tingkat Jatim, agar ini bisa berjalan dengan lancar dan manfaatnya bisa dirasakan masyakarat Pulau Gili Ketapang,” ucapnya.

» Baca berita terkait Gerindra. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -