Kusnadi: Regenerasi di PDIP Bukan pada Level Ketua Umum!

TAK TERSENTUH REGENERASI: Megawati Soekarnoputri, masih dikehendaki kader untuk memimpin PDIP. | Foto: Barometerjatim.com/DOK
TAK TERSENTUH REGENERASI: Megawati, masih dikehendaki kader untuk memimpin PDIP. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – PDIP se-Jatim bulat mendukung Megawati Soekarnoputri untuk dipilih kembali sebagai Ketua Umum DPP PDIP pada Kongres V di Bali, 8-10 Agustus 2019.

“Sudah bulat! Calon dari Jatim itu hanya satu untuk ketua umum, yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri,” tegas Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi di kantornya, Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Tak sebatas mendukung sebagai ketua umum lagi, PDIP Jatim juga akan memperjuangkan Megawati sebagai formatur tunggal. “Tentang bagaimana nanti komposisi DPP, kami serahkan sepenuhnya kepada Ibu Ketua Umum,” tandasnya.

Meski Megawati masih dikehendaki kadernya untuk kembali menjabat ketua umum, Kusnadi menegaskan bukan berarti regenerasi kepemimpinan di PDIP tidak terjadi.

“Regenerasi terjadi, tetapi bukan pada level ketua umum. Pada level pengurus DPP, DPD, DPC, PAC sampai ranting proses regenerasi terjadi dan itu alamiah terjadinya,” ucapnya.

Mengapa hanya ketua umum yang tak tersentuh regenerasi? Menurut Kusnadi, di bawah kepemimpinan Megawati, PDIP dua kali berturut-turut memenangkan Pileg dan Pilpres (2014 dan 2019). “Ini sejarah bagi PDIP,” katanya.

Di bawah kepemimpinan Megawati pula — yang didorong pengurus DPP lainnya seperti Sekjen Hasto Kristiyanto, menurut Kusnadi, PDIP juga bisa memenangkan Pilpres dan Pileg 2019 di Jatim.

“Ini yang pertama kali terjadi. Bahkan partai sebelum PDIP, apakah itu PDI, PNI yang menjadi embrio PDIP belum pernah memenangkan Pileg di Jatim. Karena kita tahu di Jatim ini rumahnya saudara kita, Nahdliyin,” jelasnya.

» Baca Berita Terkait PDIP, Megawati