Khofifah Penuhi Janji Kampanye, Dana BPOPP Tistas Cair!

PENUHI JANJI: Khofifah, penuhi janji kampanye soal dana BPOPP Tistas. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PENUHI JANJI: Khofifah, penuhi janji kampanye soal dana BPOPP Tistas. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kabar gembira untuk dunia pendidikan di Jatim. Dana Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) tahap tiga bulan pertama semester dua tahun ajaran 2019/2020 sudah cair di setiap sekolah.

Pemprov Jatim memastikan, BPOPP yang merupakan dana program Pendidikan Gratis Berkualitas (Tistas) tersebut sudah masuk ke rekening masing-masing sekolah. Khususnya untuk SMA dan SMK negeri.

Alhamdulillah sudah dicairkan. Ini adalah salah satu perwujudan program Tistas yang digulirkan Pemprov Jatim,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Sabtu (21/9/2019).

“Pesan saya buat anak-anakku, pelajar SMA/SMK negeri dan swasta se-Jawa Timur belajar yang rajin ya,” sambung gubernur yang juga ketua PP Muslimat NU tersebut.

Merujuk data Pemprov Jatim, pencairan BPOPP Tistas untuk SMA negeri sebanyak 424 lembaga dengan total dana Rp 80,57 miliar. Sedangkan untuk SMK negeri sebanyak 297 lembaga dengan total dana Rp 137,49 miliar.

Anggaran tersebut, bisa langsung digunakan oleh sekolah untuk membiayai kegiatan pendidikan di sekolah masing-masing.

Khofifah menambahkan, anggaran BPOPP Tistas ini sempat lama ditunggu pencairannya karena ini baru kali pertama, dan pihak Pemprov sempat menemukan kendala.

“Saat kami evaluasi, ternyata masih ada sekolah yang belum mengirimkan nomor rekening,” kata Khofifah. Padahal, mekanisme pencairan BPOPP Tistas dilakukan langsung ke rekening sekolah.

Lantas kapan pencairan untuk SMA dan SMK swasta? Khofifah menjelaskan, BPOPP memang diberikan Pemprov untuk sekolah SMA dan SMK negeri maupun swasta.

Namun untuk BPOPP Tistas SMA dan SMK swasta, masih dalam proses penandatangan NPHD Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan dan SPM (Standar Pelayanan Minimal).

Program Prioritas

Sekadar mengingatkan, Tistas merupakan program prioritas Pemprov Jatim yang juga salah satu janji kampanye Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak saat Pilgub Jatim 2018.

Program Tistas, selain berupa bantuan SPP gratis di SMA dan SMK negeri maupun swasta, juga mendirikan SMK pengampu yang menyiapkan bengkel atau laboratorium bagi SMK yang punya jurusan serumpun.

Selain itu, pemberian tunjangan untuk seluruh GTT (Guru Tidak Tetap) dan PTT (Pegawai Tidak Tetap) di bawah naungan Pemprov Jatim.

» Baca Berita Terkait Khofifah, Pendidikan