Kena Semprot! Diskominfo Jatim Hapus Video Boleh Mudik

RAMAI, DITEGUR, LALU DIHAPUS: Tangkapan layar unggahan Diskominfo Jatim terkait boleh mudik sebelum dihapus. | Foto: IG
RAMAI, DITEGUR, LALU DIHAPUS: Tangkapan layar unggahan Diskominfo Jatim terkait boleh mudik sebelum dihapus. | Foto: IG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sempat ramai dan kena semprot atasan, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jatim akhirnya menghapus video tentang informasi mudik Lebaran 2021 yang diunggah di akun Instagram (IG) @jatimpemprov dan akun Twitter @KominfoJatim, Senin (5/4/2021).

Dalam videografis yang diunggah Diskominfo Jatim sekitar pukul 12.30 WIB tersebut, dijelaskan terkait mudik bagi ASN dan juga TNI/Polri, pegawai BUMN serta masyarakat. Padahal Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa keputusan larangan mudik tahun ini sudah final.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur (Jatim), Heru Tjahjono membenarkan adanya unggahan video tersebut.

“Itu Diskominfo tidak paham (bahwa mudik bagi ASN, TNI/Polri dan masyarakat dilarang pemerintah). Ini masih dikoordinasikan, kita masih kumpulkan aturan-aturan terkait mudik. Kita kan PPKM Mikro masih diperpanjang. Jadi harus disinkronkan dengan aturan di PPKM Mikro,” katanya saat dihubungi wartawan.

Heru juga sudah menegur Kepala Diskominfo Jatim, Benny Sampirwanto. “Itu Pak Beni sudah saya tegur belum koordinasi dengan kami. Itu masih dikoreksi lagi dan itu harus izin gubernur,” tegasnya.

Sementara Benny mengatakan, pihaknya sudah meminta stafnya untuk menghapus unggahan tersebut. “Masih saya cek dulu. Kadang-kadang teman-teman mlayune buanter (larinya kencang). Saya dengar itu (mudik) boleh, lalu enggak boleh. Lha ini saya cek kembali,” katanya.

Video berdurasi satu menit tersebut berisi aturan mudik. Bagi ASN membawa surat izin dari pimpinan setingkat eselon II dengan tanda tangan basah, dan TNI/Polri membawa surat izin dari pimpinan setingkat eselon II.

Lalu pegawai BUMN membawa surat izin dari pimpinan tempatnya bekerja, dan untuk masyarakat membawa surat izin dari kepala desa atau lurah setempat.

Unggahan disertai caption: Emang boleh mudik? Ternyata boleh, tapi tapi… ada aturannya!. Yuk nonton dulu videonya, biar nanti nggak disuruh puter balik ???? Terus jangan lupa untuk selalu patuhi Prokesnya ya!

Tak hanya itu, unggahan juga men-tag akun IG Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa @khofifah.ip serta Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak @emildardak.

Hingga pukul 16.32 WIB, unggahan video boleh mudik ditonton 18.834 dan 124 komentar. Namun setelah ramai dan mendapat teguran dari Plh Sekdaprov, akhirnya dihapus.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim