JMM Tawarkan Tokoh Madura Dampingi Machfud Arifin, Mau?

PILWALI SURABAYA: Iksan Kamil Sahri, sodorkan Mujahid Ansori dampingi Machfud Arifin. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PILWALI SURABAYA: Iksan Kamil Sahri, tawarkan Mujahid Ansori dampingi Machfud Arifin. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Siapa yang akan dipilih Bacawali Machfud Arifin untuk mendampinginya di Pilwali Surabaya 2020, hingga kini belum ditentukan meski Parpol calon pengusung sudah menyodorkan sejumlah nama. Begitu pula dari elemen masyarakat.

Terbaru, Jaringan Madura Milenial (JMM) menawarkan nama RPA Mujahid Ansori yang berlatar belakang politikus kawakan, Nahdliyin, tokoh Madura, sekaligus mubaligh untuk mendampingi mantan Kapolda Jatim tersebut.

“Komunitas Madura kan memang sangat banyak di Surabaya, dan menjadi etnis terbesar kedua setelah Jawa,” kata Koordinator JMM, Iksan Kamil Sahri di Surabaya, Kamis (9/7/2020) malam.

“Etnis Madura ini, seperti kita ketahui, banyak berada di pasar-pasar tradisional di seluruh Surabaya dan juga menjadi etnis mayoritas di daerah Surabaya utara,” sambungnya.

Mengapa Mujahid yang disodorkan ke Machfud? Menurut Iksan, saat JMM diminta para tokoh Madura untuk memberikan gambaran, sebenarnya muncul sejumlah nama. Termasuk Haji Zaini dan Haji Ali Badri (dua tokoh kawakan Madura) hingga M Soleh (pengacara ternama).

Namun setelah dilakukan diskusi dan analisis, nama Mujahid dinilai paling tepat karena memiliki modal sosial yang tinggi untuk bertarung di Pilwali Surabaya 2020.

“Selain orang pergerakan, dia paham betul medan Jatim dan Surabaya. Dia menjadi anggota dewan selama tiga periode dan dianggap orang yang clean, tidak pernah kena kasus apa-apa,” katanya.

Mujahid, tandas Iksan, juga dipandang memiliki jaringan kuat di komunitas Madura. “Dia penasihat di Ikamra dan orang yang dituakan di Ikama. Dia ngopeni komunitas Madura,” ungkapnya.

Karena itu, papar Iksan, jika Machfud yang didukung banyak partai, kemudian didukung masyarakat Surabaya dengan irisan yang lain dan dipadukan dengan Mujahid maka akan menjadi kekuatan besar.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya