Inovatif! Kelana Luncurkan Motor PMK Desa “Brandweer Darjo”

PMK DESA: Kelana Aprilianto luncurkan program PMK Desa "Brandweer Darjo" di Desa Kedung Turi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PMK DESA: Kelana Aprilianto luncurkan program PMK Desa “Brandweer Darjo” di Desa Kedung Turi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Calon Bupati Sidoarjo nomor urut tiga, Kelana Aprilianto didampingi Ketua Tim Pemenangan, Haji Masnuh meluncurkan program PMK Desa “Brandweer Darjo” di Desa Kedung Turi, Kecamatan Taman, Rabu (18/11/2020).

Menurut Masnuh, kehadiran Brandweer Darjo ini untuk mengantisipasi kondisi darurat saat terjadi kebakaran di gang-gang kecil kawasan padat penduduk.

“Misal ada kebakaran, maka motor ini yang pertama harus menolong sambil menunggu dari PMK kabupaten. Jadi untuk pertolongan pertama,” ucapnya.

Inovasi tersebut, lanjut Masnuh, merupakan buah pikir Kelana untuk masyarakat Sidoarjo. “Ini inovasi Pak Kelana untuk menanggulangi kalau ada kebakaran di rumah, warung, jalan-jalan kecil dan lainnya,” tandasnya.

PMK Desa Brandweer Darjo ini, lanjut Masnuh, akan keliling selama 12 jam untuk menyasar sekitar tiga kecamatan per hari yang dilengkapi peralatan memadai dan tim pemadam profesional.

“Data tekanan air dari tabung bisa mencapai ketinggian sampai 12 meter. Jadi misalnya rumah dua lantai di kampung terjadi kebakaran, itu masih bisa diatasi,” imbuhnya.

Setelah launching di Desa Kedung Turi ini, tandas Masnuh, Kelana akan menambah lagi 17 armada gerobak roda tiga PMK Desa Brandweer Darjo untuk melayani total 18 kecamatan yang ada.

“Ini baru percobaan, setelah itu akan dibuat lagi. Rencananya setiap kecamatan ada satu,” ucap mantan bendahara umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut.

Hari Ini Mulai Keliling

UNTUK SIDOARJO: Kelana, Haji Masnuh, dan crew PMK Desa "Brandweer Darjo" saat launching di Desa Kedung Turi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
UNTUK SIDOARJO: Kelana, Haji Masnuh, dan crew PMK Desa “Brandweer Darjo” saat launching di Kedung Turi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Selanjutnya, mulai hari ini, Kamis (19/11/2020) PMK Desa Brandweer Darjo sudah dijalankan keliling desa hingga masa tenang jelang pencoblosan.

“Jika warga memerlukan bantuan, bisa langsung menghubungi posko Pak Kelana dan Bu Dwi Astutik terdekat,” ujar Masnuh.

Sementara Kelana menambahkan, Brandweer Darjo ini bentuk pengabdian Kelana-Astutik untuk warga Kota Delta. “Semoga bisa dimanfaatkan warga dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Selain program PMK Desa, kata Kelana, masih banyak lagi program yang akan direalisasikan untuk meningkatkan kemakmuran warga Sidoarjo.

“Jadi, mantapkan hati untuk memilih pasangan nomor urut tiga Kelana-Astutik pada 9 Desember mendatang, agar program-program bisa segera dijalankan untuk masyarakat Sidoarjo,” ujarnya.

» Baca Berita Terkait Pilbup Sidoarjo