Rabu, 25 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

HPN 2022, Ketua DPD RI: Kebebasan Pers Masih Jauh dari Ideal!

Berita Terkait

HPN 2022: LaNyalla Mattalitti, kebebasan pers di Indonesia masih jauh dari ideal. | Foto: Barometerjatim/IST
HPN 2022: LaNyalla Mattalitti, kebebasan pers di Indonesia masih jauh dari ideal. | Foto: Barometerjatim/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai kebebasan pers masih jauh dari kata ideal. Hal itu dikatakan saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Universitas Trilogi Jakarta, Rabu (9/2/2022).

Dalam keterangannya, LaNyalla menuturkan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan insan pers dan seluruh elemen bangsa ini, khususnya dalam meningkatkan kualitas serta independensi pers nasional.

Terutama jika pers Tanah Air memakai standar internasional yang dikeluarkan  Reporters Without Borders, LSM yang fokus pada isu kebebasan pers. Dikatakan, bahwa kebebasan pers di Indonesia masih jauh dari ideal sebagai negara demokrasi.

“Peringkat Indonesia berada pada urutan 113 dari total 180 negara. Artinya masih di bawah angka 100, sementara Timor Leste menduduki peringkat 71,” ucapnya.

Hal ini, menurut LaNyalla, dikarenakan masih banyak sengketa pers yang tidak diadili dalam koridor hukum pers melalui Dewan Pers. Tetapi diproses dalam ranah hukum publik yang diatur dalam KUHP dan Undang-Undang ITE.

“Edukasi kepada masyarakat, sekaligus aparat negara juga penting untuk terus menerus dilakukan, baik oleh insan pers, maupun oleh Dewan Pers. Karena hanya dengan kebebasan dan independensi, maka akan lahir jurnalis profesional yang merdeka, unggul, dan berdaulat,” papar LaNyalla.

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta semua pihak beradaptasi di tengah era disrupsi. Hal ini penting karena teknologi digitalisasi sudah tidak bisa dihindari.

“Kita semua, terkhusus insan pers harus melakukan reposisi dan adaptasi cepat dalam memasuki era dis-rupsi dan percepatan perkembangan teknologi informasi saat ini,” kata Riza.

» Baca berita terkait DPD RI. Baca juga tulisan terukur lainnya Syaiful Khusnan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -