Gerindra: Kalau Cawabup Mimik, Cabup Ya Bambang Haryo!

PILBUP SIDOARJO: Bambang Haryo dan Mimik Idayana, opsi Gerindra di Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/IST
PILBUP SIDOARJO: Bambang Haryo dan Mimik Idayana, opsi Gerindra di Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Bermodal tujuh kursi di DPRD, Partai Gerindra memilih menyiapkan opsi untuk mengusung kadernya di Pilbup Sidoarjo 2020. Sebab untuk mengusung pasangan calon tanpa koalisi, masih butuh tiga kursi lagi.

Opsinya: Jika yang diusung Bacabup, pilihannya adalah mantan anggota DPR RI, Bambang Haryo Soekartono (BHS). Tapi kalau yang diusung Bacawabup, pilihannya yakni anggota DPRD Sidoarjo, Mimik Idayana.

“Sidoarjo masih dipertimbangkan betul oleh DPC. Kalau kita ambil wakil berarti Bu Mimik, kalau ambil bupati ya Pak Bambang Haryo,” kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Senin (10/2/2020).

“Jadi di Sidoarjo kita lebih variatif. Ada istrinya Pak Rahmat Muhajirin (Mimik Idayana) dan Pak Bambang Haryo,” tandas politikus yang juga wakil ketua DPRD Jatim itu.

Soal opsi mengusung Bacabup atau Bacawabup, menurut Sadad, juga sudah disampaikan Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Parbowo Subianto di sela mendampingi Presiden Jokowi berkunjung ke PT PAL Surabaya, 27 Januari lalu.

Di hadapan BHS dan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Soeprayitno, kata Sadad, Prabowo menyampaikan kalkulasi untuk Pilbup Sidoarjo.

“Kalau kita bisa kejar calon bupati ya kita ambil calon bupati, tapi kalau realitas poltik mengharuskan kita ambil wakil ya kita ambil wakil. Kita enggak usah terlalu memaksakan diri. Sudah ada dua pilihan, enak sudah,” kata Sadad, menirukan ucapan Prabowo.

Apalagi BHS, tandas Sadad, bukan sekadar kader tapi sudah melahirkan banyak kader dan dilirik banyak partai. “Termasuk Golkar dan juga faksi di PKB. Tapi ya itu tadi, kita tetap melihat realitas politik yang ada,” ujarnya.

Selebihnya, lanjut Sadad, dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada 2020, sekurang-kurangnya ada delapan DPC Gerindra yang punya kader mumpuni untuk dipromosikan.

“Menjadi kepala atau wakil kepala daerah. Sebagian itu ya wakil kepala daerah,” tuntas politikus yang masih keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan tersebut.

» Baca Berita Terkait Pilbup Sidoarjo