Gerak Cepat! PKS Jatim Bantu Tangani Korban Banjir Batu

BANTU KORBAN BANJIR: Ketua PKS Jatim, Irwan Setiawan turun bantu korban banjir bandang Batu. | Foto: Barometerjatim.com/IST
BANTU KORBAN BANJIR: Ketua PKS Jatim, Irwan Setiawan turun bantu korban banjir bandang di Kota Batu. | Foto: Barometerjatim.com/IST

BATU, Barometerjatim.com – Ketua DPW Partai Keadilan Sejahter (PKS) Jatim, Irwan Setiawan bersama pengurus DPD PKS Kota Batu gerak cepat mengunjungi korban banjir bandang di Batu, Jumat (5/11/2021).

Dalam kunjungannya, Irwan memberikan support kepada para relawan PKS yang turun sejak hari pertama, mendampingi, serta memberikan bantuan kepada warga terdampak.

“Saya dapat laporan temen-temen relawan PKS sudah terjun di lokasi bencana sejak kemarin untuk membantu warga. Sudah saya sampaikan ke pengurus di DPD untuk menyiapkan segala sesuatunya, karena perubahan cuacanya ekstrem,” katanya.

Irwan juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus dan anggota yang bergerak cepat melakukan aksi tanggap bencana, membuka posko, dan menyiapkan berbagai kegiatan untuk melayani warga terdampak.

“Respons cepat inilah yang harus terus dikuatkan, saya mengapresiasi,” kata mantan anggota DPRD Jatim selama dua periode tersebut.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar struktur partai terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder.

“Dalam hal ini BPBD dan Forkopinda di masing-masing level, juga dengan tokoh masyarakat untuk memperkuat sinergisitas dan kolaborasi,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan juga mengunjungi lokasi bencana di Dusun Keliran, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Ady Sayoga, relawan PKS Batu yang juga Ketua DPD PKS Kota Batu yang turut mendampingi Irwan bercerita, hujan deras mulai mengguyur sekitar pukul 14.00 lalu banjir bandang datang setelah ashar.

Menurutnya, ada lima desa terdampak, yakni Tulungrejo, Bulukerto, Pandanrejo, Giripurno dan Sidomulyo. Dari kelima desa, Bulukerto paling parah.

Di Bulukerto, tutur Ady, ada tiga bangunan yang hanyut terbawa air yakni satu rumah warga, satu rumah gubuk, dan satu bengkel. “50 motor di bengkel itu hanyut, baru 10 motor yang ketemu,” katanya.

Ady menambahkan, 25 relawan PKS sudah diturunkan untuk membantu membersihkan rumah warga dan 10 relawan ibu-ibu bertugas di dapur umum menyiapkan makanan untuk warga terdampak, serta pelayanan air bersih.

Di tempat ini, Irwan menyambangi satu keluarga besar yang rumahnya tersapu banjir bandang. “Saya mendengarkan langsung kesedihan dari keluarga tersebut. Alhamdulillah, semua keluarga selamat,” katanya.

» Baca Berita Terkait Bencana Alam