Survei ARCI: Elektabilitas Sadad Lewati Ketua Golkar-PDIP Jatim

GELIAT ANWAR SADAD: Elektabilitas Anwar Sadad masih di atas Muhammad Sarmuji dan Kusnadi. | Foto: Barometerjatim.com/IST
GELIAT ANWAR SADAD: Elektabilitas Anwar Sadad masih di atas Muhammad Sarmuji dan Kusnadi. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Makin naik saja elektabilitas Anwar Sadad. Dari jajaran ketua definitif partai politik (parpol) di Jatim, ketua Partai Gerindra itu bahkan mengungguli Ketua PDI Perjuangan Kusnadi dan Ketua Partai Golkar Sarmuji.

Hal itu terbaca dari survei lembaga Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI), periode 20 hingga 31 Oktober 2021 yang dirilis di Surabaya Kamis (4/11/2021) sore. Politikus keluarga Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad tersebut dipilih 1,3% responden untuk nyagub di 2024.

Angka tersebut memang masih kalah dari Ketua DPW PKB yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar yang dipilih 4,6% responden.

Namun dari ketua parpol di Jatim yang bukan menteri, elektabilitas Sadad masih di atas Muhammad Sarmuji (0,91%), Ketua PPP Jatim Mundjidah Wahab (0,15%), dan Kusnadi (0,5%).

Sebenarnya ada Emil Elestianto Dardak yang elektabilitasnya paling tinggi di antara ketua parpol di Jatim, 8,1%, tapi Wagub Jatim tersebut masih berstatus Pelaksana tugas (Plt) ketua Demokrat Jatim alias belum definitif.

Bagaimana dengan popularitas ketua Parpol di Jatim? Di luar Emil Dardak (79,6%) dan Halim Iskandar (76,9%), Sadad leading dengan 56,9%, disusul Sarmuji 50,1%, Kusnadi 39,1%, dan Munjidah 31,2%.

Terkait temuan ini, Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Siratj menuturkan, banyak faktor yang mempengaruhi popularitas dan elektabilitas. Di antaranya karena rajin bermedia sosial dan merakyat.

“Kemungkinan besar, dari pimpinan Gerindra (Sadad) ini melakukan hal-hal yang seperti itu, sehingga Gerindra saat ini agak signifikan kenaikannya,” katanya.

Sadad Mengakar di Nahdliyin

Meski baru menakhodai Gerindra Jatim pada 21 Juni 2021, Sadad terbilang politikus kawakan dan andal lantaran sudah empat periode menjadi anggota DPRD Jatim dan di periode ini bahkan menjadi wakil ketua.

Sadad juga cukup mengakar di Nahdliyin. Bahkan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Miftachul Akhyar secara khusus meminta DPP Partai Garindra agar menunjuk Sadad memimpin Gerindra Jatim .

Request rais aam itu diungkap Sekjen DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat silaturahmi dalam rangka safari Hari Santri Nasional (HSN) ke Ponpes Miftachus Sunnah asuhan Kiai Miftach di Kedung Tarukan, Surabaya, 22 Oktober 2021.

“Ini Pak Anwar Sadad, sakmeniko sampun (sekarang sudah) Pak Prabowo memberi kepercayaan sebagai ketua DPD. (Kata Prabowo) apa kata rais aam kita ikut. Muzani kamu jangan ‘macam-macam’, Jatim itu NU, kalau rais aam uda, kita ikut,” kata Muzani kapada Kiai Miftach.

» Baca Berita Terkait Pilgub Jatim