Gagal di Pilgub, PKB Wacanakan Gus Ipul Maju di Pasuruan

GAGAL DI PILGUB: Gus Ipul bersama Puti Guntur saat maju di Pilgub Jatim 2028. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS/DOK
GAGAL DI PILGUB: Gus Ipul bersama Puti Guntur saat maju di Pilgub Jatim 2028. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sekian waktu setelah gagal di Pilgub Jatim 2018, nama Saifullah Yusuf alias Gus Ipul kembali beredar di bursa Pilkada 2020. Kali ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mewacanakan mengusung mantan wakil gubernur (Wagub) Jatim dua periode itu maju di Pilwali Pasuruan.

Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi menuturkan, semua yang berkembang terkait PKB bakal mengusung Gus Ipul di Pilwali Pasuruan baru wacana dan partainya masih menunggu animo dari arus bawah.

“Itu wacana, jadi kita tidak bisa menanggapi wacana, kita wait and see dulu,” katanya usai merayakan HUT ke-22 PKB yang digelar secara sederhana lewat acara tumpengan di kantor Fraksi PKB DPRD Jatim, Kamis (23/7/2020).

“Seberapa besar animo di bawah itu menghendaki Gus Ipul, tentu akan menjadi pertimbangan kita untuk memutuskan rekomendasi kepada Gus Ipul,” sambung Fauzan.

Sudah ada komunikasi dengan Gus Ipul? “Nanti urusannya Mbak Hikmah (Bafaqih) ya,” seloroh Fauzan yang juga ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim sambil melirik Hikmah.

Seperti diketahui, Hikmah Bafaqih yang saat ini menjabat Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim dari Fraksi PKB adalah mantan Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno di Pilgub Jatim 2018. Sedangkan PKB adalah Parpol utama pengusung Gus Ipul.

Saat itu, Gus Ipul-Puti — diusung PKB, PDIP, PKS, dan Gerindra — dikalahkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan selisaih tebal: 7,1 persen. Perolehan suaranya 9.076.014 (46,45 persen) berbanding 10.465.218 (53,55 persen).

Sementara itu Hikmah menegaskan Gus Ipul sudah berkomunikasi dengan PKB terkait wacana maju di Pilwali Pasuruan 2020. “Ya iyalah, sudah! Bukan Malang tapi Pasuruan kota,” katanya.

“Semula kita prospek juga di Malang kabupaten, tapi setelah dengan banyak pertimbangan beliau memilih di Pasuruan,” tandas perempuan yang mantan ketua PW Fatayat NU Jatim tersebut.

» Baca Berita Terkait Pilkada 2020, Gus Ipul