Festival Musik, Cara Gus Hans Jauhkan Remaja dari Narkoba

ANTINARKOBA: Gus Hans menyerahkan hadiah dalam Festival Musik Antinarkoba. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
ANTINARKOBA: Gus Hans menyerahkan hadiah dalam Festival Musik Antinarkoba. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Musik menjadi salah satu cara Ketua Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN) Jatim, Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans untuk menjauhkan kalangan remaja dari bahaya narkoba.

Mereka, para remaja dari berbagai daerah di Jatim, diberi panggung lewat Festival Musik Antinarkoba 2020 yang digelar di halaman Museum Monumen Kapal Selam (Monkasel) parkir timur Plaza Surabaya, Minggu (8/3/2020) siang hingga petang.

“Saya melihat banyak sekali kasus-kasus narkoba yang disebabkan kurangnya aktivitas positif. Maka ini menjadi gerakan kita untuk memberikan manfaat riil kepada masyarakat,” katanya di sela acara.

Dengan fastival musik, lanjut Gus Hans, maka bagi pemain musiknya bisa melupakan pikiran-pikiran negatif. Begitu pula dengan panitia maupun penonton.

“Dengan melupakan hal-hal negatif, maka diharapakan hidupnya semakin optimis dan positif,” kata ‘kiai milenial’ yang juga presiden Football for Peace Interfaith Indonesia tersebut.

Karena itu, Gus Hans berharap hubungan yang terbangun tidak hanya sebatas pada lomba dan festival. Tapi lebih dalam lagi, yakni menyosialisasikan bahaya narkoba kepada sesama remaja.

“Karena kalau yang ngomong sesama remaja akan lebih nendang di hati, curcol-nya enak. Tapi kalau yang menyampaikan teman-teman aparat berseragam dan sebagainya, enggak nyambung di hati karena mereka memang tugasnya seperti itu,” paparnya.

“Begitu pula kalau tujuannya dari hati ke hati agar sahabat kita terbebas dari narkoba, insyaallah lebih nendang dan lebih masuk hati kita,” sambungnya.

Sementara itu setelah menyelesaikan lomba, grup band Granat tampil sebagai juara. Runner up diraih Three Day’s, dan peringkat ketiga diraih Sosa X. Ketiga grup band mendapat trofi dan uang pembinaan.

Khusus juara, berhak tampil di acara grand final Duta Antinarkoba 2020, 22 Maret. Sementara peserta yang belum beruntung, tetap mendapat uang pembinaan.

HINDARI NARKOBA: Festival Musik Antinarkoba, menghindarkan anak muda dari narkoba. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
HINDARI NARKOBA: Festival Musik Antinarkoba, menghindarkan anak muda dari narkoba. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Narkoba, Gus Hans