Emil Harapan Demokrat, Lebih Leluasa kalau Jadi Gubernur!

ARAPAN DEMOKRAT: Emil Dardak, posisinya sebagai wagub memberi harapan untuk Demokrat Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
ARAPAN DEMOKRAT: Emil Dardak, posisinya sebagai wagub memberi harapan untuk Demokrat Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Terlepas tarik ulur gelaran Musyawarah Daerah (Musda) VI, Pengamat Politik yang juga Peneliti di Lembaga Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai Emil Elestianto Dardak pilihan tepat untuk menakhodai DPD Partai Demokrat (PD) Jatim pasca kepemimpinan Soekarwo.

“Posisi Mas Emil sebagai Wagub sebenarnya lumayan memberi harapan ya untuk Demokrat. Tetapi, sekali lagi, kita semua tahu bahwa Wagub itu kan memang selalu terikat dengan ‘fatsun’ kepada gubernur. Artinya tidak seleluasa menjadi gubernur,” katanya, Minggu (21/2/2021).

“Itu mungkin yang bisa jadi, kadang-kadang membuat Mas Emil tidak mudah karena posisinya sebagai Wagub, tidak seleluasa ketika menjadi gubernur,” tandas dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tersebut.

Tetapi jika memang tidak ada tokoh Demokrat Jatim sekaliber Emil, menurut Surokim, pilihan yang masuk akal memang suami Arumi Bachsin tersebut, kendati tidak mungkin seleluasa Soekarwo yang saat itu menjabat gubernur.

“Karena posisi beliau menjadi Wagub itu kan selalu terikat, ya ewoh pakewuh dengan gubernur, apa nanti tidak melangkahi gubernur, lalu bagaiman menjaga harmonisasi dengan gubernur. Faktor-faktor non teknis kadang-kadang juga harus dipikirkan,” paparnya.

Kalau dari sisi persoanal, dari sisi kompetensi kapabilitas, menurut Surokim, Emil termasuk kategori pemimpin yang menjadi pilihan Demokrat Jatim.

“Apalagi kan posisi beliau sekarang ini kan Plt (Pelaksana Tugas Ketua Demokrat Jatim). Jadi mungkin peluangnya masih satu level di atas yang lain,” katanya.

Apakah tidak resisten di internal Demokrat, mengingat Emil orang baru dan saat maju di Pilbup Trenggalek diusung PDIP?

“Tapi jangan lupa ya, bahwa untuk partai-partai tengah itu selalu mengandalkan tokoh yang mungkin ada koneksi dengan kekuasaan, dan Mas Emil harus dipahami bahwa beliau ini posisinya sekarang sebagai Wagub,” sergahnya.

Surokim percaya, partai politik akan dinakhodai pemimpin-pemimpin yang tepat hadir pada waktunya. Karena itu, tidak perlu khawatir kalau Demokrat akan kehilangan sosok Soekarwo.

“Minimal menurut saya masih ada Emil Dardak, ada tokoh-tokoh muda yang lain. Banyak kok sebenarnya tokoh-tokoh Demokrat Jatim muda-muda yang mungkin belum naik. Mungkin sementara ini yang terlihat ya baru Mas Emil,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Demokrat