Dipimpin Bayu Airlangga, 29 DPC Demokrat Jatim Datangi DPP

LOYALITAS UNTUK AHY: 29 ketua DPC Partai Demokrat jATIM deklarasi setia terhadap kepemimpinan AHY. | Foto: IST
LOYALITAS UNTUK AHY: 29 ketua DPC Partai Demokrat jATIM deklarasi setia terhadap kepemimpinan AHY. | Foto: IST

JAKARTA, Barometerjatim.com – 29 ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Jatim mendatangi kantor DPP PD di Jakarta, Rabu (17/2/2021). Kedatangan mereka dipimpin Sekretaris DPD PD Jatim, Bayu Airlangga.

Setiba di kantor DPP, mereka mendeklarasikan kesetiaan terhadap ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Hal itu dilakukan pasca merebak isu kudeta dari pihak luar terhadap kepemimpinan partai tersebut.

Bayu yang notabene menantu Soekarwo alias Pakde Karwo menuturkan, kedatangannya bersama 29 ketua DPC PC tersebut untuk membuktikan bahwa Demokrat Jatim solid dan kompak bersama AHY.

“Kami seluruh ketua DPC, ketua Partai Demokrat se-Jatim ke sini, intinya kita kompak dan tak ada hal-hal seperti itu (kudeta) di Jawa Timur. Kami solid untuk AHY,” kata Bayu kepada wartawan.

Sementara itu Ketua DPC PD Bojonegoro, Syukur Priyanto menambahkan, kedatangannya ini sebagai bentuk pembuktian bahwa Demokrat Jatim tidak terpengaruh isu kudeta dari pihak luar.

“Kami senantiasa konsisten dan mendukung terhadap kepemimpinan AHY, dan di Jatim tidak ada kudeta-kudeta,” jelasnya.

Apakah kedatangan 29 DPC tersebut semata-mata untuk menunjukkan loyalitasnya terhadap AHY? Ataukah ada agenda lain, misalnya pembicaraan soal Musyawarah Daerah (Musda) Jatim VI untuk mencari ketua definitif?

Belum ada jawaban. Hanya saja, nama Syukur sempat jadi perbincangan karena sebelumnya membuat pernyataan ada 29 DPC mendukung Bayu untuk memimpin Demokrat Jatim pasca kepemimpinan Soekarwo. Kebetulan, kali ini Bayu datang ke DPP bersama 29 DPC.

“Dengan pertimbangan untuk kepentingan kemajuan dan kemenangan Partai Demokrat lima tahun mendatang, ada 29 DPC sepakat memberikan dukungan kepada Bayu Airlangga sebagai ketua definitif PD Jatim 2021-2026,” kata Syukur, Jumat (12/2/2021).

Di bursa ketua PD Jatim 2021-2026, selain Bayu muncul nama lain yang saat ini menjabat Plt ketua yakni Emil Elestianto Dardak. Bahkan Wagub Jatim itu disebut-sebut kandidat terkuat.

Terlebih sinyal DPP lebih mendukung Emil terlontar dari Bendahara Umum DPP PD, Renville Antonio, meski menyebut soal pilihan ketua semuanya tergantung DPC.

“Semua tergantung DPC. Tapi berdasarkan laporan Mas Bayu dan Mbak Anti (bendahara), mereka kelihatannya sudah bulat akan mendukung Mas Emil untuk ditetapkan secara aklamasi sebagai ketua DPD Partai Demokrat Jatim,” papar Renville.

» Baca Berita Terkait Demokrat