Senin, 15 Agustus 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Digoda Gus Hans sebagai Emake Wong Jawa Timur, Begini Reaksi Mensos Risma

Berita Terkait

EMAKE WONG JATIM: Gus Hans sebut Risma sebagai emake wong Jawa Timur. | Foto: Capture Vide/Dok Gus Hans
EMAKE WONG JATIM: Gus Hans sebut Risma sebagai emake wong Jawa Timur. | Foto: Capture Vide/Dok Gus Hans
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Setelah 10 tahun selama menjadi Wali Kota Surabaya menahan tidak pergi haji, tahun ini Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma berkesempatan melaksanakan rukun Islam kelima bersama keluarganya.

Di Tanah Haram, Risma sempat bertemu dengan Tokoh Mudah Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi Petugas Haji Indonesia di Arab Saudi, KH Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans.

Dari rekaman video yang diterima Barometerjatim.com, Minggu (10/7/2022), keduanya terlibat dalam wawancara hangat untuk ditayangkan di salah satu stasiun televisi.

Gus Hans, mengawali dengan menggoda Risma sebagai ibunya orang Jawa Timur. “Kangen kan sama siapa saya sekarang? Nah sekarang saya sama emake wong (ibunya orang) Jawa Timur, yaitu Bu Risma,” katanya.

Belum sempat Gus Hans melanjutkan pembicaraan, Risma langsung bereaksi, “(Emake) wong Suroboyo,” sergahnya. Gus Hans pun balik menimpali, “Eh wong Suroboyo, he.. hee, tapi kan se-Jatim, se-Indonesia raya (karena saat ini Risma menjabat Mensos).”

Gus Hans lantas menanyakan kesan Risma selama di Tanah haram. “Alhamdulillah saya dan keluarga diundang Gusti Allah jadi tamu-Nya,” katanya.

Tapi sebetulnya, lanjut Risma, tiga bulan lalu dia sudah datang ke Arab Saudi. “Saya kebetulan diundang di Riyah, nah kebetulan sekalian umrah,” ucapnya.

Ikuti Anjuran Pemerintah

Dalam kesempatan tersebut, Risma juga mengajak warga Indonesia yang tengah menjalani ibadah haji untuk selalu menjaga kesehatan.

“Supaya kita bisa selesaikan ibadah haji kita dengan kondisi sehat dan kemudian pulang dengan haji mabrur,” katanya.

Selain itu, dia berpesan agar jamaah mematuhi anjuran pemerintah RI ataupun biro perjalanan yang diberikan saat berangkat agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Apapun yang dianjurkan oleh pemerintah ataupun perjalananan kita, pasti sudah dalam kondisi sudah diperhitungkan semuanya,” katanya,.

Sementara bagi masyarakat Indonesia yang belum berkesempatan berangkat, Risma menyarankan rajin menabung untuk bisa menunaikan ibadah haji.

“Jadi Bu Risma nabung?” ucap Gus Hans. “Nabunglah!” jawab Risma. “Saya pikir langsung clung (berangkat)? Kata Gus Hans lagi. “Ndak, nabung!” tegas Risma.

Pejabat yang sering ‘berapi-api’ kalau ada yang dinilainya tidak beres itu juga bersyukur, karena dengan menahan diri tidak berangkat haji selama 10 tahun menjadi Wali Kota Surabaya dan rajin menabung, kini justru bisa berangkat bersama keluarganya.

“Dulu awalnya kan saya ingin berangkat sendiri, tapi diingatkan guru ngaji saya enggak boleh karena harus perhatikan warga saya, saya enggak berangkat,” tuturnya.

Alhamdulillah kemudian saya nabung, makin lama saya bisa berangkat sama anak-anak saya. Nabungnya lama sekali,” tuntasnya.

» Baca berita terkait Haji. Baca juga tulisan terukur Rofiq Kurdi.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -