Demokrat Belum Proses Berkas Bayu, Jadwal Musda Saja Belum!

| Ilustrasi: Bendera Partai Demokrat/IST
| Ilustrasi: Bendera Partai Demokrat/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Bayu Airlangga tampaknya harus bersabar untuk mengikuti pemilihan ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Meski sudah menyerahkan berkas pencalonan, nyatanya belum bisa diproses karena jadwal Musyawarah Daerah (Musda) Demokrat Jatim saja belum ditetapkan DPP.

“Jadi gini, DPP sebenarnya sedang menerima berkas pernyataan dukungan yang diserahkan bakal calon. Secara resmi, jadwal pendaftaran calon dibuka setelah ditetapkannya jadwal Musda. Kami kemarin sebatas menerima berkas pendaftaran yang diserahkan,” ujar Sekretaris BPOKK DPP Partai Demokrat, Rocky Amu, Minggu (24/10/2021).

Rocky kemudian menjelaskan, dalam aturan organisasi, verifikasi berkas baru bisa dilaksanakan sehari sebelum Musda digelar. Setelah itu, DPP akan menetapkan bakal calon ketua DPD yang nantinya akan bertarung merebut kursi ketua DPD Demokrat.

“Jadi belum ada keputusan keabsahan dukungan karena harus melewati proses verifikasi, yang akan dilaksanakan H minus satu sebelum Musda untuk kemudian ditetapkan surat penetapan bakal calon dari DPOKK,” terangnya.

Meski belum membuka pendaftaran, Rocky memastikan DPP tetap menerima berkas dukungan tersebut. “Jadi sebenarnya pendaftaran belum dibuka karena jadwal Musda. Tetapi jika ada yang menyerahkan berkas kami terima,” ucapnya.

Lantas, kapan Musda Demokrat Jatim digelar? Menurut Rocky, usulan itu harus disampaikan pimpinan DPD yang ditandatangani ketua dan sekretaris. Setelah usulan resmi diberikan, baru DPP akan memproses dan menetapkan jadwal Musda.

“Kemarin ada aspirasi berkaitan permohonan jadwal, sudah kami teruskan ke pimpinan dan sedang digodok. Proses permohonan Musda diawali DPD dan DPP menindaklanjuti apakah bisa dilaksanakan atau tidak,” katanya.

Sebelumnya, Kamis (21/10/2021), Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Bayu Airlangga mengusung sejumlah ketua DPC ke Jakarta untuk menyerahkan berkas dukungan ke DPP. Kehadiran mereka diterima Rocky.

Berkas tersebut untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua DPD Demokrat Jatim. Seperti diketahui, hingga kini Demokrat Jatim belum memiliki ketua definitif dan masih diisi pelaksana tugas (Plt) Emil Elestianto Dardak yang juga wakil gubernur Jatim.

» Baca Berita Terkait Demokrat